Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Haedar Nashir Abaikan Amien Rais Demi Muhammadiyah

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Ahmad Mustaqim • 26 November 2018 14:15
Bantul: Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyatakan organisasinya akan tetap menjaga jarak dengan dunia politik Indonesia. Muhammadiyah akan tetap bergerak untuk kegiatan dakwah keagamaan.
 
Pernyataannya ini menjawab desakan mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Amien Rais agar pengurus Muhammadiyah menentukan sikap politik dalam Pilpres 2019.
 
"Tidak ada yang berubah dari Muhammadiyah dan tidak akan pernah berubah. Muhammadiyah berdiri di atas kepribadian dan khittah-nya untuk tetap mengambil jarak dari pergumulan politik praktis," ujar Haedar di sela pembukaan Muktamar ke XVII Pemuda Muhammadiyah di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Senin, 26 November 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Amien Rais Diminta Tak Merecoki Muhammadiyah
 
Muhammadiyah akan bersikap sama dalam setiap tahun politik. Menurut dia hal itu sudah dijalankan masa kepengurusan KH Ahmad Dahlan sebagai pendiri Muhammadiyah.
 
"Sampai kapan pun, Muhammadiyah berdiri di atas kepribadian dan khittah-nya," ujarnya.
 
Ia menegaskan Muhammadiyah sudah memiliki prinsip yang jelas. Mereka akan tetap melaksanakan khittah untuk melaksanakan peran di bidang keagamaan.
 
Baca: Amien Rais Yakin 2019 Ganti Presiden
 
Pernyataan Penasihat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Amien Rais yang akan menjewer Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir jika Muhammadiyah tak bersikap di Pilpres 2019 menuai kritikan. Muhammadiyah menyatakan tak akan berpihak di Pilpres 2019.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi