Penyandang disabilitas fisik memasukkan surat suara yang telah dicoblos ke dalam kotak suara saat sosialisasi pendidikan pemilih dan simulasi pemilu 2019 bagi penyandang disabilitas di Jakarta. (Foto: MI/Ramdani)
Penyandang disabilitas fisik memasukkan surat suara yang telah dicoblos ke dalam kotak suara saat sosialisasi pendidikan pemilih dan simulasi pemilu 2019 bagi penyandang disabilitas di Jakarta. (Foto: MI/Ramdani)

TPS Diminta Ramah Difabel

Pemilu disabilitas pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Faisal Abdalla • 14 Februari 2019 15:31
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta lokasi tempat pemungutan suara (TPS) harus ramah difabel. Lokasi termasuk petugas harus mampu memfasilitasi dan memudahkan gerak penyandang disabilitas.
 
"Peraturan KPU kita jelas, TPS harus dibangun di daerah landai dan mudah dijangkau pemilih penyandang disabilitas," kata Kepala Biro Teknis dan hubungan partisipasi masyarakat KPU RI, Nur Syarifah, usai simulasi pemungutan suara pemilih difabel di Kantor Kementerian Sosial, Jakarta, Kamis, 14 Februari 2019.
 
Namun demikian, Nur memahami bahwa kondisi geografis Indonesia sangat beragam. Tak semua daerah memiliki tanah landai yang bisa dijadikan lokasi TPS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Aturan Pendamping Pemilih Disabilitas
 
Untuk itu, dia meminta petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) menyiasati agar akses ke TPS mudah dijangkau, "KPPS harus membuat upaya seperti membuat undak-undakan, atau cara lain untuk memastikan pemilih bisa sampai ke TPS," ujarnya.
 
Lebih lanjut, Nur mengatakan seluruh petugas KPPS harus sadar pemilu bersifat inklusif. Untuk itu, semua petugas KPPS harus siap membantu pemilih penyandang disabilitas dalam menggunakan hak suaranya.
 
"Maka kalau akses geografis maupun keadaan lainya tak memungkinkan, maka petugas yang harus membantu," tandasnya.
 
Baca juga:Simulasi Pemungutan Suara Memastikan Hak Difabel Terpenuhi
 
Pemungutan suara pemilu 2019 akan digelar 17 April 2019 mulai pukul 07.00 hingga 13.00 di TPS masing-masing. Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu serentak 2019 mencatat 1.247.730 pemilih penyandang disabilitas, dengan rincian 83.182 tunadaksa, 166.364tunanetra, 249.546 tunarungu, 332.728 tunagrahita serta 415.910 penyandang disabilitas lainya.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif