Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja - MI/Rommy Pujianto.
Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja - MI/Rommy Pujianto.

Bawaslu Teliti Potensi Pelanggaran Dua Capres

Pemilu pilpres 2019
Dian Ihsan Siregar • 16 Januari 2019 13:10
Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengingatkan dua kandidat calon presiden dan wakil presiden tidak melanggar aturan kampanye. Ini terkait penyampaian visi misi di media massa.
 
"Kami harapkan semua pihak untuk menyadari bahwa iklan kampanye di media penyiaran publik baru diperbolehkan 21 hari sebelum masa tenang. Kami imbau tidak kemudian membuat permasalahan di awal seperti ini," kata anggota Bawaslu Rahmat Bagja di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Januari 2019.
 
Rahmat menyebut pihaknya akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Pemilu: Bawaslu, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk melihat pelanggaran pemilu. Jika terbukti, bakal dikenai sanksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini termasuk ranah mereka juga. Siapa yang melanggar kalau pasangan calon kita akan pemidanaan atau pelanggaran administrasi kalau ditemukan. Kalau tidak ditemukan, apakah medianya yang melakukan pelanggaran atau tidak," tutur dia.
 
(Baca juga:Jokowi dan Prabowo akan Ditegur Bila Terbukti Melanggar)
 
Untuk menentukan pelanggaran, kata dia, akan ada beberapa hal yang dilakukan. Pertama, melihat penyampaian visi misi sebagai iklan kampanye atau tidak.
 
"Kedua apakah ini blocking time. Ketiga apakah ini bentuk kampanye lain, apakah ini di luar jadwal atau di dalam jadwal. Itulah yang harus kita bicarakan dengan KPU dan KPI," tutur dia.
 
Jokowi sebelumnya menyampaikan visi misi yang disiarkan secara langsung di beberapa televisi swasta pada Minggu, 13 Januari 2019. Acara itu bertajuk 'Visi & Misi Presiden RI 5 Tahun Ke Depan Bersama Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo'.
 
Prabowo juga memaparkan visi misi dalam pidaot bertema Indonesia Menang Senin, 14 Januari 2019. Acara ini juga disiarkan langsung oleh televisi swasta.
 
(Baca juga:Bawaslu Selisik Aktivitas Jokowi dan Prabowo)

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif