Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. ANT/Akbar Nugroho.
Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. ANT/Akbar Nugroho.

Relawan Punya Peran Penting dalam Kemenangan Jokowi

Pemilu pilpres 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 21 Mei 2019 09:51
Jakarta: Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat 55,50 persen suara dari hasil hitung resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Setidaknya ada lima alasan yang membuat Jokowi-Ma’ruf unggul.
 
“Pertama, ada ratusan organisasi relawan bahu-membahu mendukung Jokowi-Ma’ruf,” kata Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies Jerry Massie di Jakarta, Selasa 21 Mei 2019.
 
Baca: KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Pemenang Pilpres 2019

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Relawan disebut punya peran penting dalam perjalanan politik Joko Widodo. Pada Pilpres 2014, dukungan relawan membuat Jokowi-Jusuf Kalla mengalahkan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.
 
Jokowi-Kalla memperoleh 53,19 persen suara dan menang di 23 provinsi. Jerry menilai perjuangan relawan sangat berarti untuk membawa Jokowi ke kursi presiden.
 
Faktor kedua, kata dia, program andalan Jokowi selama memimpin di periode pertama. Misalnya sertifikat tanah dan dana desa yang dinilai menjadi jawaban kebutuhan masyarakat.
 
Jerry menyebut dana desa yang dikucurkan selalu bertambah selalu bertambah. Pada 2017, Jokowi menganggarkan dana desa sebesar Rp60 triliun. Anggaran bertambah pada pada tahun berikutnya menjadi Rp70 triliun ditambah dana kelurahan sebanyak Rp3 triliun.
 
Faktor lainnya, lanjut dia, adalah dukungan dan Nahdlatul Ulama (NU). Dia menyebut anggota NU pada 2015 mencapai 90 juta, utamanya basis NU di Jawa Timur dan Jawa Barat.
 
Sedangkan faktor keempat adalah dukungan milenial. Jerry mengatakan paslon Jokowi-Ma’ruf bukan kalangan milenial seperti calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga uno. “Tapi dari 80 juta pemilih pemula, Jokowi meraup suara cukup besar dari kalangan ini,” kata Jerry.
 
Jokowi dinilai sukses merebut hati kaum milenial dengan istilah dan bahasa yang relevan. Misalnya, pernyataan Jokowi yang menginginkan pemerintahan digital melayani (dilan).
 
Faktor selanjutnya adalah pembangunan infrastruktur. Anggaran sebesar Rp410 triliun di 2019 disebut jumlah yang fantastis namun diwujudkan dengan hal nyata.
 
Jerry mengatakan Jokowi membangun 191 ribu kilometer (km) jalan desa dan 3.432 km jalan nasional. Jokowi juga merealisasikan pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT).
 
“Berkat prestasi ini, para pemilih tak segan memberikan suaranya,” pungkas dia.
 
Baca: 9 Parpol Ditetapkan Lolos ke Parlemen
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan hasil rekapitulasi nasional perolehan suara Pemilu 2019. Hasilnya, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul.
 
Hasil rekap dalam berita acara yang dibacakan Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik, Jokowi-Ma'ruf memperoleh 85.607.362 (55,50%) suara sementara paslon Prabowo-Sandi memperoleh 68.650.239 (44,50%) suara.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif