Presiden Joko Widodo menerima Megawati dan Try Soetrisno. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
Presiden Joko Widodo menerima Megawati dan Try Soetrisno. Foto: Medcom.id/Damar Iradat

Para Ketum Parpol Koalisi Ucapkan Selamat ke Jokowi

Pemilu pilpres 2019
Damar Iradat • 21 Mei 2019 20:22
Jakarta: Ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) secara bergantian mengucapkan selamat kepada calon presiden petahana Joko Widodo di Istana Merdeka pada Selasa, 21 Mei 2019. Jokowi bersama Ma'ruf Amin sebelumnya ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2019 lewat rekapitulasi suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).
 
Para ketum partai tersebut diterima satu per satu oleh Jokowi. Pertemuan dilakukan sejak sore hingga malam hari, karena para ketum diterima satu per satu oleh Jokowi dan sempat melakukan pembicaraan tertutup.
 
Baca Juga:JK Sarankan Prabowo Menghubungi Jokowi Ucapkan Selamat

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yang pertama diterima Jokowi yakni Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dalam pertemuan itu, Megawati turut mengajaj Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno untuk memberi selamat ke Jokowi.
 
"Makanya saya ajak Pak Try, untuk ayok Pak bareng-bareng kasih ucapan selamat supaya kita nomor satu. Jangan yang lainnya dulu," ujar Megawati di Istana Merdeka, Jakarta.
 
Usai Megawati dan Try giliran Ketum Partai Golkar Airlangga Hartato yang diterima oleh Jokowi. Airlangga langsung masuk ke ruang kerja Jokowi dan melakukan pembicaraan tertutup.
 
Usai pertemuan, Menteri Perindustrian itu mengatakan datang untuk memberi ucapan selamat kepada Jokowi. Dalam kesempatan itu, Airlangga juga menyampaikan jika partai beringin kuning itu menjadi pemenang kedua dalam Pileg 2019
 
"Dan bapak presiden mengucapkan selamat kepada Partai Golkar," kata Airlangga.
 
Berikutnya yakni Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang bertemu Jokowi. Sama seperti ketum-ketum sebelumnya, pertemuan Cak Imin dan Jokowi juga dilakukan secara tetutup.
 
Baca Juga:Wiranto Minta Peserta Pemilu yang Kalah Lapang Dada
 
Cak Imin mengaku menyampaikan selamat kepada Jokowi. Ia juga mengundang Jokowi syukuran di acara PKB dsn NU.
 
Selanjutnya gikiran Pelaksana tugas (Plt) Ketum PPP Suharso Monoarfa yang diterjma oleh Jokowi. Suharso juga mengaku mengucapkan selamat kepada Jokowi.
 
Setelah itu, secara berturut-turut yang hadir yakni Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo dan Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) yang diterima Jokowi. Keduanya juga menyampaikan selamat kepada Jokowi dan Ma'ruf yang telah memenangi perolehan suara.
 
Kemudian yang juga hadir untuk mengucapkan selamat kepada Jokowi yakni Ketum PSI, Grace Natalie, Ketum PKPI Diaz Hendropriyono, dan Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra. Dari sejumlah ketum parpol koalisi yang mengucapkan selamat, hanya Ketum Partai NasDem Surya Paloh yang belum hadir dikarenakan masih berada di luar negeri.
 
KPU telah menetapkan hasil rekapitulasi nasional perolehan suara Pemilu 2019. Hasilnya, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul.
 
Hasilnya, Jokowi-Ma'ruf memperoleh 85.607.362 (55,50%) suara, sementara paslon Prabowo-Sandi memperoleh 68.650.239 (44,50%) suara. Berdasarkan rekap KPU, selisih suara kedua paslon sebanyak 16.957.123 suara atau 11 persen.
 
KPU menetapkan total pemilih di dalam maupun luar negeri sebanyak 199.987.870 warga. Sebanyak 158.012.506 pemilih menggunakan hak suaranya, sehingga bisa dikatakan partisipasi pemilih dalam pilpres mencapai 81,97 persen.
 
Total suara sah yang masuk untuk Pilpres sebanyak 154.257.601 suara. Dari total suara yang masuk, sebanyak 3.754.905 suara dinyatakan tidak sah.
 
Hasil rekap ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) KPU nomor 987/PL.01.8-KPT/06/KPU/V/2019 Tentang Penetapan Hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Serta DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota Secara Nasional dalam Pemilu 2019. SK ditetapkan hari ini, 21 Mei 2019 pukul 01:46 WIB.
 

(ADN)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif