Prabowo Dinilai Ingin Menang Sendiri
Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arya Sinulingga. Medcom.id/M Sholahadin Azhar
Jakarta: Prabowo Subianto dinilai hanya memikirkan pencalonan dirinya sebagai presiden dan nasib Partai Gerindra pada Pemilu serentak 2019. Hal ini menanggapi pengakuan blak-blakan Yusril Ihza Mahendra soal tak adanya respons dari Prabowo atas draf kesepakatan koalisi.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arya Sinulingga, membaca dua hal. Pertama, ada kekecewaan dari Yusril selaku Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) terhadap sikap abai Prabowo atas draf kesepakatan, yang diistilahkan Yusril sebagai draf aliansi.


"Kedua, Yusril melihat ini sama saja Prabowo tidak bertanggung jawab terhadap partai koalisinya.  Prabowo ingin hanya partainya saja yang leading, terbukti sekarang (Gerindra) leading," kata Arya di Posko Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 8 November 2018.

Arya juga menilai situasi ini menunjukkan koalisi oposisi sejatinya tak solid. Terlebih, sejumlah partai di kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperbolehkan kader maupun caleg beda pilihan dukungan Pilpres.

"Demokrat begitu, PAN, PKS kabarnya begitu, akhirnya koalisi di sana menyelamatkan diri masing-masing," ungkapnya.

Sebelumnya, Yusril menyebut Prabowo mengabaikan draf aliansi yang pernah diusulkannya. Draf aliansi itu berisi kesepakatan partai-partai pengusung Prabowo-Sandi.

Sebagai calon presiden dan pimpinan koalisi, Prabowo disarankan mengundang ketua-ketua partai dan mendiskusikan format koalisi. Sehingga menemukan format koalisi yang disepakati oleh semua partai.
 
Menurutnya, jikan partai koalisi hanya diajak mendukung Prabowo-Sandi tanpa format yang jelas, maka yang diuntungkan hanya Partai Gerindra. Sebab, di waktu yang sama para caleg akan saling bertempur untuk memperoleh kemenangan.
 
"Nanti Prabowo-Sandi menang pilpres, tetapi dalam Pileg yang sangat diuntungkan hanya Gerindra. Sementara partai anggota koalisi yang lain babak belur," jelas Yusril.



(JMS)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id