Ilustrasi.
Ilustrasi.

KPU Tunda Penetapan Hasil Pemilu di Perth

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Faisal Abdalla • 07 Mei 2019 02:00
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunda penetapan rekapitulasi hasil pemilu untuk wilayah Panitia Penyelenggara Luar Negeri (PPLN) Perth, Australia.
 
Keputusan KPU ini diambil atas rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Pasalnya terdapat ketidaksingkronan data dalam sertifikat rekapitulasi hasil pemilu atau formulir DA I Luar Negeri.
 
"Ada beberapa catatan perbaikan yang harus dilakukan. Pertama, perbaikan kolom data pengguna hak pilih ini tidak sinkron dengan data pengguna surat suara," kata Ketia Bawaslu, Abhan di Gedung KPU, Jakarta, Senin, 6 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Abhan mengatakan ketidaksinkronan juga terjadi pada data suara sah dan tidak sah, baik pemilihan legislatif DPR RI atau surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden. Padahal seharusnya jumlah surat suara sah dan tidak sah harus sama dengan jumlah data pengguna hak pilih.
 
KPU sudah memberi waktu kepada PPLN Perth untuk memperbaiki datanya dari pukul 17.30 hingga pukul 20.00 WIB. Namun saat dibacakan kembali, ketidaksingkronan data masih ditemukan.
 
Anggota Bawaslu, Mochammad Afifuddin menyarankan penetapan rekap untuk wilayah PPLN Perth kembali ditunda. Dia meminta PPLN berkoordinasi dengan Panwas LN.
 
"Memang signifikan perubahannya sudah kami cek C1, memang signifikan. Kalau ini hanya soal teknis pemindahan data C1, maka kami sarankan duduk bersama-sama dan melibatkan panwas LN," kata Afif.
 
Pimpinan sidang yang diketuai Komisioner KPU Ilham Saputra menyetujui usulan Bawaslu. KPU meminga PPLN Perth berkoordinasi dengan Panwas LN untuk memperbaiki data.
 
"Bawaslu menyarankan untuk duduk bersama lagi, Perth kita pending ya," kata Ilham.
 
Rekap sementara di wilayah kerja PPLN Perth mengunggulkan pasangan calon presiden 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin unggul atas pasangan calon 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Jokowi-Ma'ruf memeperoleh 3.836 suara sementara Prabowo-Sandi mendapat 609 suara.
 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif