Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. ANT/M Adimaja.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. ANT/M Adimaja.

Airlangga: Keputusan Menerima Demokrat Ada di Tangan Jokowi

Pemilu partai demokrat
03 Mei 2019 16:56
Jakarta: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menilai silaturahmi Presiden Joko Widodo dengan Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono merupakan awal yang baik. Namun, Airlangga tak ingin buru-buru bicara tentang kemungkinan Partai Demokrat bergabung.
 
Airlangga menilai seluruh partai politik masih menunggu hasil pengumuman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia yakin setelah hasil resmi diumumkan partai politik akan menentukan sikap.
 
"Masih menunggu itu, kita tunggu saja, karena itu prerogratif Presiden," kata Airlangga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 3 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Airlangga mengatakan saat ini koalisi Joko Widodo-Ma'ruf Amin memiliki posisi kuat di parlemen. Perolehan kursi seluruh partai politik koalisi mencapai 60 persen di Senayan.
 
Airlangga pun menilai hubungan dua koalisi perlahan mulai mencair. Ia menyebut hampir seluruh partai politik telah menerima hasil pemilu.
 
Baca: Puan Memastikan Pertemuan Jokowi-AHY Sebatas Silaturahmi
 
"Jadi tentunya ini akan meredakan tensi yang ada, tensi politik," kata Airlangga.
 
Saat ditanya kembali mengenai peluang bergabungnya partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono, Airlangga meminta publik sabar menunggu. "Itu tergantung Pak Presiden, nanti kita tunggu saja," kata Airlangga.
 
Pertemuan antara Jokowi dan Agus Harimurti mendapat respon positif dari banyak pihak. Politikus PDI Perjuangan Puan Maharani menilai pertemuan itu memberikan efek positif.
 
Namun, Puan membantah pertemuan itu membahas kemungkinan Partai Demokrat bergabung ke dalam koalisi capres petahana. Menurutnya pertemuan itu hanya sebatas silaturahmi dua tokoh politik.
 
"Waduh ketemu Presiden kok bicara soal itu (koalisi), tapi kalau saya alhamdulilah silaturahmi itu tetap harus dilakukan," kata Puan.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif