Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla.
Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla.

Menkes, Mendikbud, dan Mensos Diundang Saksikan Debat Cawapres

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Faisal Abdalla • 17 Maret 2019 12:48
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat ketiga Pilpres 2019 malam ini. Debat ketiga merupakan debat khusus antarcalon wakil presiden.
 
"Persiapan debat cawapres sudah 99 persen siap. Semakin siap. Tinggal finishing saja," kata Ketua KPU Arief Budiman di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, 17 Maret 2019.
 
Pada debat ketiga ini, KPU mengurangi jumlah kursi pendukung paslon. Dua kubu pendukung paslon hanya diberi jatah masing-masing 75 kursi. Sementara KPU mengalokasikan 350 kuota undangan untuk sejumlah pemangku kepentingan pemilu, seperti penyelenggara pemilu, hingga pimpinan lembaga legislatif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, KPU juga tetap mengundang jajaran Menteri Kabinet Kerja yang terkait dengan tema, seperti; Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek; Menteri Sosial, Agus Gumiwang; Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifudin; Menteri Tenaga Ketenagakerjaan, Hanif Dhakhiri; Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy; hingga Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.
 
Selain itu, KPU juga turut mengundang dua menteri koordinator di Kabinet Kerja yaitu, Menko Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto; dan Menko Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani.
 
Baca: Durasi dan Alur Debat Cawapres
 
Selain menteri-menteri, sejumlah pimpinan lembaga terkait dan tokoh masyarakat juga masuk daftar undangan KPU, di antaranya; Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nashir; Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj; Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Hasto Atmojo; Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Nusron Wahid; hingga Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
 
Arief berharap debat ketiga dapat memenuhi ekspektasi publik, sehingga publik mendapatkan referensi untuk menentukan pilihanya.
 
"Mudah-mudahan semua pihak hadir tepat waktu, bisa ikuti semua prosedur, sehingga bukan hanya berjalan lancar, tapi target kita agar debat berkualitas dan bisa dijadikan referensi kepada masyarakat itu tercapai," ujar Arief.
 
Debat ketiga Pilrpes 2019 akan digelar malam ini, pukul 20.00 WIB. Debat akan mempertemukan calon wakil presiden 01, Ma'ruf Amin dan calon wakil presiden 02, Sandiaga Uno. Keduanya akan beradu gagasan, visi, misi, dan program di bidang kesehatan, ketenagakerjaan, pendidikan, sosial dan budaya.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi