Ketua KPU RI Arief Budiman - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Ketua KPU RI Arief Budiman - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

KPU Tetapkan DPT Hasil Perbaikan ke-2 Malam Nanti

Pemilu pemilu serentak 2019
Achmad Zulfikar Fazli • 15 November 2018 13:52
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menetapkan daftar pemilih tetap hasil perbaikan tahap 2 (DPTHP), Kamis malam, 15 November 2018. Penetapan berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta sekitar pukul 20.00 WIB.
 
KPU akan mengundang sejumlah pihak terkait dalam penetapan DPTHP-2 ini, yakni perwakilan dari Bawaslu, partai politik, Kementerian Luar Negeri, serta Kementerian Dalam Negeri.
 
Rekapitulasi DPTHP-2 itu akan dibacakan dalam rapat pleno. Setelah itu, perwakilan Bawaslu dan partai politik akan dimintai pandangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, hasil rekapitulasi DPTHP-2 itu akan diserahkan secara simbolis ke Bawaslu, Kemenlu dan Kemendagri. Perwakilan partai politik juga akan menerima rekapitulasi tersebut.
 
Penetapan DPTHP-2 dilakukan setelah KPU melalui proses perbaikan DPTHP-1. Hingga kini, tercatat ada 187.109.973 warga terdaftar dalam DPTHP Tahap I. Jumlah itu mencakup 185.084.629 pemilih di dalam negeri dan 2.025.344 orang dari luar negeri.
 
(Baca juga:KPU: Jumlah Pemilih Kepri Meningkat)
 
Kendala Penetapan DPTHP
 
Ketua KPU RI Arief Budiman menyebut ada kendala di sejumlah daerah dalam penetapan DPTHP-2. Kendala itu disebabkan adanya musibah di beberapa daerah di Sulawesi Tengah.
 
"KPU Sulawesi Tengah melaporkan ada tiga daerah yang belum bisa memutakhirkan data pemilih, yaitu Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala," kata Airef di Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, 14 November 2018.
 
Arief mengatakan administrasi pemerintahan di sana belum berfungsi penuh pascagempa, dan tsunami akhir September 2018. Petugas KPU juga sudah mencoba mendata, namun kondisi warga belum memungkinkan untuk dilakukan pemutakhiran data.
 
Pemutakhiran data pemilih di tiga daerah tersebut ditunda hingga situasi dan kondisi memungkinkan. Khusus tiga daerah tersebut, KPU akan mengacu pada data pemilih yang sudah ada.
 
(Baca juga:Depok Tunda Pengumuman Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan)
 
"Selama belum ada perubahan keputusan data pemilih di tempat itu, kita gunakan data pemilih yang ada. Nanti kalau sudah terjadi pemutakhiran, baru kita mutakhirkan," ujar dia.
 
Berdasarkan data KPU per 16 September 2018, KPU Sulawesi Tengah menetapkan DPT pada Pemilu 2019 sebanyak 1.886.810 jiwa, terdiri atas 959.571 pemilih laki-laki dan 927.239 pemilih perempuan. Jumlah tersebut tersebar di 13 kabupaten/kota di Sulawesi Tengah, termasuk Donggala dan Palu.
 


 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif