KPU Mulai Persiapkan Debat Capres-Cawapres
Komisioner KPU Ilham Saputra - Medcom.id/Faisal Abdalla.
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum mulai mempersiapkan debat capres-cawapres untuk Pemilu 2019. Saat ini, komisi tengah menyiapkan tema, panelis, lokasi dan lainnya.  

"Kami akan melaksanakan debat capres cawapres sebanyak lima kali, kelimanya diselenggarakan pada 2019" kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum Wahyu Setiawan, di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Senin, 26 November 2018. 


Wahyu mengungkapkan ada sejumlah isu yang bakal diangkat dalam debat. Yakni ideologi, politik, sosial, budaya, HAM dan keamanan, korupsi, lingkungan hidup, perdagangan manusia, terorisme dan radikalisme serta internasional.

Dia menambahkan pihaknya juga sedang mempersiapkan pakar sebagai tim perumus. "Ketiga kami juga mencari panelis terakait isu-isu itu," tutur dia. 

(Baca juga: Usulan Debat Capres Berbahasa Inggris Dinilai tak Prinsipil)

Wahyu menambahkan KPU juga mempersiapkan penyiaran debat capres cawapres. Pihaknya bakal melakukan pertemuan dengan sejumlah media untuk membahas ini. 

Terkait lokasi debat, Wahyu mengatakan, KPU masih melakukan penggodokan. KPU membuka peluang debat dilakukan di luar Jakarta. 

"Kami membahasa sebaiknya tidak hanya di Jakarta, tapi di daerah-daerah lain," tambah dia. 

Dia memastikan persiapan debat capres dan cawapres rampung pada akhir Desember. Sehingga, debat dapat berlangsung pada awal Januari hingga 14 April 2019.





(REN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id