Pasangan capres-cawapres bersalaman. Foto: MI/Ramdani
Pasangan capres-cawapres bersalaman. Foto: MI/Ramdani

Jokowi-Ma'ruf Menyalami Prabowo-Sandi Usai Debat

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
Faisal Abdalla • 17 Januari 2019 22:44
Jakarta: Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin menyalami pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Momen ini terjadi usai kedua paslon memberikan pernyataan penutup (closing statement).
 
Kejadian ini berawal ketika moderator debat, Ira Koesno dan Imam Priyono meminta kedua paslon menyampaikan pernyataan penutup yang menyejukkan termasuk mengapresiasi hal positif dari paslon kompetitor.
 
Namun kedua paslon sama-sama tidak memberikan kata-kata apresiasi kepada paslon lawan sesuai yang diminta oleh moderator.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini sepertinya fair, karena baik paslon 01 dan 02 sama-sama tidak menyampaikan apresasi positif terhadap paslon lawan," kata Ira di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis, 17 Januari 2019.
 
Baca: KPU Sebut Format Debat Pilpres Lebih Interaktif
 
Namun kata-kata Ira terpotong oleh inisiatif paslon 01, Jokowi-Ma'ruf yang tiba-tiba langsung menghampiri paslon 02. Jokowi-Ma'ruf langsung menyalami Prabowo-Sandi.
 
Gestur ini langsung ditanggapi oleh Paslon 02, Prabowo - Sandi. Prabowo tampak dengan hangat menerima salam dari paslon 01 sementara cawapres 02, Sandiaga Uno tampak mencium tangan cawapres 01 Ma'ruf Amin berkali-kali.
 
Ira Koesno juga nampak kaget dengan gelagat kedua paslon, pasalnya saat itu debat belum resmi ditutup. Kejadian ini langsung memicu gelak tawa dan tepuk tangan penonton debat.
 

 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif