Ketua KPU Arif Budiman (tengah) bersama perwakilan tim kampanye nasional dan partai politik dalam rapat validasi dan approval surat suara pemilu. Foto: MI/Susanto.
Ketua KPU Arif Budiman (tengah) bersama perwakilan tim kampanye nasional dan partai politik dalam rapat validasi dan approval surat suara pemilu. Foto: MI/Susanto.

Pemilih Pindah Dapil Tak Dapat Surat Suara Pileg

Pemilu pemilu serentak 2019
Whisnu Mardiansyah • 10 Januari 2019 19:38
Jakarta: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan aturan pemilih yang pindah daerah pemilihan (dapil) dikembalikan ke aturan sebelumya. Aturan yang tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Pasal 8 itu telah disepakati bersama Komisi II DPR RI.
 
Arief menjelaskan pemilih yang berpindah lokasi tempat pemungutan suara (TPS) di satu dapil tetap berhak mendapatkan surat suara pileg. Namun, apabila TPS pindahan di luar dapilnya, ia tak diberikan surat suara pileg.
 
"Jadi pemilih yang pindah memilih akan dilihat apakah dia keluar dapilnya atau tidak. Pindahnya misalnya ke kabupaten lain tapi tidak keluar dapil kabupaten provinsi, tidak keluar dapil, tetap diberi surat suara. Tapi, kalau dia keluar dapilnya maka dia tidak diberi surat suara," kata Arief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 10 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, aturan ini tak berlaku di pilpres. Pasalnya, pilpres berlaku bagi warga di seluruh wilayah Tanah Air, berbeda dengan pileg yang memilih perwakilan berdasarkan dapil.
 
Baca: NU Kawal Pemilu Damai
 
Aturan pemilih pindah sebelumnya sempat menjadi perdebatan. Dalam rapat sebelumnya, sempat muncul usul agar pemilih yang berpindah TPS tidak hanya diberi surat suara pilpres saja, melainkan juga diberikan surat suara pileg DPR dan DPD.
 
Namun, pada akhirnya Komisi II menyerahkan kebijakan ini kepada KPU. Arief mengatakan aturan pemilih yang pindah tetap sama seperti pemilu sebelumnya.
 


 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif