Calon Presiden Joko Widodo (kanan) dan Prabowo Subianto (kiri). Foto: Antara/Puspa.
Calon Presiden Joko Widodo (kanan) dan Prabowo Subianto (kiri). Foto: Antara/Puspa.

Membandingkan Visi Misi Jokowi Prabowo Dalam Pemberantasan Korupsi

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
Faisal Abdalla • 29 Desember 2018 13:58
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat publik pertama pilpres 2019. Salah satu isu yang diangkat adalah pemberantasan korupsi.
 
Melansir dokumen visi-misi dua pasangan calon presiden, keduanya mencantumkan pemberantasan korupsi sebagai agenda yang akan dikerjakan jika terpilih.
 
Pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf menilai korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang bisa meruntuhkan sendi-sendi perekonomian bangsa serta membawa dampak pada pemiskinan struktural.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk melawan praktik korupsi, pasangan ini menempatkan aspek pencegahan sama pentingnya dengan aspek penegakan hukum yang tegas. Mereka menuangkan agenda pencegahan korupsi ke dalam beberapa poin.
 
"Melaksanakan secara konsisten Strategi Nasional Pencegahan Korupsi yang fokus pada perizinan dan tata niaga, keuangan negara, serta penegakan hukum dan reformasi birokrasi di setiap Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, dan Pemangku Kepentingan lainnya," dikutip Medcom.id dari dokumen visi-misi Paslon 01, Sabtu, 29 Desember 2018.
 
Selain itu, pasangan Jokowi-Ma'ruf juga berkomitmen meningkatkan kapasitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) serta memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
"Meningkatkan sinergi dan kerja sama antar-institusi penegak hukum dalam pemberantasan kejahatan korupsi dan menggiatkan transaksi non-tunai sebagai tindakan pencegahan penggunaan uang tunai dalam tindak korupsi dan pencucian uang sert mempertegas penindakan kejahatan perbankan dan pencucian uang," lanjut Jokowi-Ma'ruf dalam dokumen Visi-Misinya.
 
Sementara itu, Pasangan Prabowo-Sandi juga menempatkan pencegahan korupsi sebagai agenda yang akan dilakukan jika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden.
 
"Pencegahan korupsi dilakukan melalui penerapan manajemen terbuka dan akuntabel, termasuk kerja sama dengan KPK, Kepolisian, Kejaksaan dan Kehakiman," dikutip dari dokumen Visi-Misi Prabowo-Sandi.
 
Selain itu, Prabowo-Sandi berencana menggencarkan sistem smart government guna meningkatkan kualitas pelayanan birokrasi untuk mencegah manipulasi dan praktik rasuah.
 
Baca: Prabowo-Sandi Ingin Taklukkan Warga Solo
 
Lebih rinci lagi, Prabowo-Sandi juga memasukan agenda pemberantasan korupsi ke dalam Program Aksi Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan.
Mereka menegaskan bakal menindak tegas para koruptor melalui penegakan hukum yang tegas, adil, dan transparan.
 
Debat publik capres-cawapres pertama dijadwalkan akan digelar pada 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Debat publik pertama diselenggarakan dengan format debat antarpasangan capres dan cawapres. Selain korupsi, Isu yang akan diangkat dalam debat publik pertama meliputi isu Hukum, HAM, dan Terorisme.
 

 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi