Ketua KPU Arief Budiman (dua dari kiri pembaca)/Medcom.id/Fachri
Ketua KPU Arief Budiman (dua dari kiri pembaca)/Medcom.id/Fachri

KPK Diminta Gali Isu Pemberantasan Korupsi Paslon

Pemilu pilpres 2019
Faisal Abdalla • 31 Desember 2018 12:42
Jakarta: Visi dan misi aspek pemberantasan korupsi calon presiden dan calon wakil presiden harus digali. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyurati Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar mengirimkan delegasi sebagai panelis debat Pilpres 2019.
 
"Kami minta siapa saja delegasi yang bisa dikirimkan oleh KPK," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 31 Desember 2019.
 
Namun, KPU belum mendapat respons. KPU, tegas Arief, menyerahkan keputusan kepada lembaga antirasuah itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Debat Positif ala Ma'ruf
 
Isu korupsi menjadi salah satu yang akan dibahas dalam debat perdana pilpres. Panelis dari KPK akan menyusun pertanyaan terkait program kerja pasangan calon (paslon) dalam menyelesaikan persoalan korupsi di Indonesia.
 
KPU sudah memilih delapan panelis menyusun pertanyaan saat debat publik pertama Pilpres 2019. Tujuh di antaranya sudah mengonfirmasi kesediaan.
 
Baca: Jadwal Lengkap Debat Pilpres 2019
 
Mereka ialah Guru besar Hukum Internasiona Hikmahanto Juwana; Mantan Ketua Mahkamah Agung Bagir Manan; Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik; dan Ahli Hukum Tata Negara Bivitri Susanti. Ada pula Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo; Mantan Ketua KPK Bambang Widjojanto; dan Ahli Hukum Tata Negara Margarito Kamis.
 
Debat publik perdana Pilpres 2019 dijadwalkan 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Debat publik pertama diselenggarakan dengan format debat antarpasangan capres dan cawapres. Isu hukum, HAM, dan terorisme juga akan dibahas dalam debat untuk pertama kalinya itu.
 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif