Jokowi Dinilai Piawai Memainkan Gimik Politik

Dheri Agriesta 05 November 2018 18:20 WIB
pilpres 2019
Jokowi Dinilai Piawai Memainkan Gimik Politik
Direktur Eksekutif Voxpol Research and Consultant Pangi Syarwi Chaniago - Foto: dokumen pribadi.
Jakarta: Direktur Eksekutif Voxpol Research and Consultant Pangi Syarwi Chaniago menyebut ajakan hijrah yang disampaikan Presiden Joko Widodo bermakna positif. Ia menyebut Jokowi memang sangat piawai memainkan gimik politik sejak dulu. 

Pangi mengatakan Jokowi berusaha mengajak masyarakat kembali ke jalur yang semestinya. Masyarakat diminta berhenti menyebarkan berita bohong dan fitnah.


Masyarakat juga diminta tak lagi melakukan persekusi dan saling melaporkan ke aparat penegak hukum.

"Kalau dibiarkan sangat berbahaya, negara ini sedang tidak baik dan berada di jurang perpecahan yang bisa mengancam persatuan dan kesatuan bangsa," kata Pangi saat dihubungi Medcom.id, Senin, 5 November 2018. 

Pangi menilai ajakan itu sesuai dengan realita di tengah masyarakat saat ini. Hajatan pemilihan presiden yang semakin dekat membuat tensi sosial politik memanas.

(Baca juga: Jokowi Ajak Masyarakat Indonesia Hijrah)

Etika politik semakin tergerus karena praktik politik uang dan politik kebohongan. Hal ini, kata Pangi, jelas merusak kualitas penyelenggaraan pemilu. 

"Sudah saatnya kita hentikan, karena ini sudah berada di tepi jurang dan politik lima tahunan membuat kegaduhan, merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Kita semua harus mampu menahan diri," jelas Pangi. 

Presiden Jokowi sebelumnya mengajak masyarakat untuk berhijrah. Hal itu perlu dilakukan untuk menjaga persatuan, kesatuan, dan persaudaraan antarmasyarakat.

Diksi hijrah yang dimaksud Jokowi adalah mengajak masyarakat untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Termasuk berhijrah dari politik kebohongan menjadi politik kebenaran.






(REN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id