?Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla.
?Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla.

KPU Persilakan Paslon Menyosialisasikan Visi Misi

Pemilu pilpres 2019
Faisal Abdalla • 07 Januari 2019 19:06
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) membatalkan sesi khusus sosialisasi visi misi pasangan calon presiden dan wakil presiden 2019. KPU mempersilakan masing-masing paslon menyelenggarakan sosialiasi tersebut.
 
"Sebenarnya masing-masing tim kampanye bisa menyelenggarakn (sosialisasi) itu, yang paling penting dari tim kampanye untuk menyampaikan visi misi," kata Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin, 7 Januari 2019.
 
Pramono mengatakan KPU membatalkan sesi khusus pemaparan visi-misi lantaran tidak terjadi kesepakatan antara tim kampanye paslon 01 Joko Widodo- Ma'ruf Amin dan tim kampanye paslon 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. KPU juga menegaskan pembatalan sesi sosialisasi visi-misi juga sudah disepakati kedua pihak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Senjata Jokowi-Ma'ruf di Debat Perdana
 
Menurut Pramono terjadi kesalahpahaman dalam pembahasan sosialisasi visi-misi lantaran tim kampanye hanya fokus membahas siapa yang harus menyampaikan visi-misi.
 
"Ini yang agak disalahpahami, seolah-olah visi-misi harus disampaikan oleh kandidatnya. Padahal jelas di undang-undang difasilitasi oleh KPU untuk menyebarkan luaskan visi-misi melalui laman KPU atau melalui media penyiaran," tutur Pramono.
 
Meski KPU diwajibkan memfasilitasi penyampaian visi-misi, bukan berarti sosialisasi visi-misi harus dibuat sesi khusus tersendiri. Sosialisasi visi-misi bisa dilakukan dengan berbagai cara.
 
"Nah melalui media penyiaran itu bisa berbagi macam cara, bisa dengan rekaman berdurasi masing-masing tiga menit, bisa dengan inforgrafis masing-masing berapa menit. Jadi yang penting itu subtansi nya tersampaikan, bukan soal siapa yang menyampaikan," ujar Pramono.
 

 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif