Ketua KPU Arief Budiman (Tengah) bersama perwakilan tim kampanye dua paslon - Medcom.id/Faisal Abdalla.
Ketua KPU Arief Budiman (Tengah) bersama perwakilan tim kampanye dua paslon - Medcom.id/Faisal Abdalla.

Keputusan Debat Pilpres Kesepakatan Bersama

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Faisal Abdalla • 08 Januari 2019 02:45
Jakarta: Tim kampanye dua pasangan calon presiden dan wakil presiden menegaskan semua keputusan yang diambil terkait debat Pilpres 2019 sudah disepakati semua pihak. Namun, diakui kedua pihak ada hal-hal yang seharusnya tidak bocor ke publik sehingga menimbulkan kegaduhan.
 
"Banyak hal yang terungkap ke publik di dalam proses pengambilan keputusan yang sebenarnya itu tidak dalam ranah untuk dipublikasikan, terutama dari tim kami juga yang tidak ikut mengikuti proses, jadi kacau balau," Direktur Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Aria Bima di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin, 7 Januari 2019.
 
Sejumlah keputusan terkait debat seperti pembatalan sosialisasi visi-misi, pembatalan nama sejumlah panelis, hingga kisi-kisi pertanyaan debat pilpres dikritik pedas oleh beberapa pihak. Kritik-kritik itu dialamatkan kepada KPU. Padahal, menurut Aria, semua keputusan itu sudah disepakati oleh timses kedua paslon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Priyo Budi Santoso juga menegaskan semua keputusan itu sudah melalui mekanisme musyawarah mufakat dan disepakati baik oleh paslon 01 dan 02. Bukan semata-mata keputusan KPU.
 
Priyo juga mengapresiasi kinerja KPU, yang dinilai telah berlaku adil sepanjang pembahasan teknis debat perdana Pilpres 2019.
 
"Dari 02 BPN Prabowo-Sandi tetap memberi penghormatan dan respek yang tinggi kepada Pak Arief (Ketua KPU Arief Budiman) dan jajaranya yang kami nilai sampai hari ini bertindak adil," tegas Priyo.
 
Ario berjanji pihaknya bakal menertibkan tim kampanye-nya agar kegaduhan serupa tak terulang lagi ke depannya, "Kami sepakat mas Priyo nanti juga akan menertibkan saya pun juga akan memberikan aturan main mana yang masuk ranah publik dan mana yang itu menjadi bagian konsensus kesepakatan kita dalam membangun bernegosiasi," tuturnya.
 
Debat publik capres-cawapres pertama dijadwalkan pada 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Debat publik pertama diselenggarakan dengan format debat antarpasangan capres dan cawapres. Isu yang akan diangkat dalam debat publik pertama meliputi isu Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.
 

(JMS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi