Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman. Foto: MI/Pius Erlangga.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman. Foto: MI/Pius Erlangga.

KPU Usul Visi-Misi Capres Dipaparkan Sebelum Debat

Pemilu pilpres 2019
Faisal Abdalla • 27 Desember 2018 02:45
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana menggelar sosialisasi visi-misi capres-cawapres. Visi-misi capres dianggap penting diketahui publik. 

"Sosialisasi ini tujuannya agar masyarakat lebih tahu tentang visi-misi masing-masing paslon. Jadi nanti pada saat debat dilaksanakan, masyarakat sudah dapat referensi," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 26 Desember 2018. 

Arief mengatakan sosialisasi visi-misi rencananya akan digelar pada 9 Januari 2019. KPU menginginkan tim kampanye paslon yang akan menguraikan visi-misi. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Usulan sosialisasi visi-misi ini juga disambut positif oleh tim kampanye kedua paslon. Mereka menganggap pemaparan visi-misi melalui debat tidak akan maksimal karena keterbatasan durasi.  Dengan dibuat sesi tersendiri, sosialisasi visi-misi dianggap akan memberikan gambaran yang lebih konprehensif terkait program kerja yang ditawarkan paslon jika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden. Tim kampanye bahkan mengusulkan pasangan capres dan cawapres yang seharusnya menyampaikan visi-misi pada saat sosialisasi. 

Namun begitu, usulan itu ditolak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Bawaslu berpendapat pemaparan visi-misi oleh paslon berpotensi melanggar aturan sesuai peraturan perundang-undangan. Sebab, ampanye di media massa baru bisa dilakukan 21 hari menjelang masa berakhirnya kampanye. 

Oleh karena itu, teknis terkait sosialisasi visi-misi capres cawapres masih akan dibahas KPU bersama tim kampanye kedua belah pihak. "Hari Jumat tanggal 28 (Desember) nanti tiga hal akan dibahas lagi," kata Arief.


(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi