Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (Dok. Puspen TNI)
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (Dok. Puspen TNI)

TNI-Polri Siap Amankan Pemilu 2019

Pemilu tni-polri pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Marcheilla Ariesta • 06 April 2019 01:25
Solo: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menghadiri apel gabungan TNI dan Polri. Keduanya memeriksa secara langsung kesiapan personel maupun alutsista dalam pengamanan Pemilu 2019.
 
"Pahami dan pedomani serta junjung tinggi netralitas TNI. Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab untuk mengamankan dan menyukseskan Pesta Demokrasi 2019," kata Panglima TNI, dikutip dari keterangan tertulis TNI yang diterima Medcom.id, Jumat 5 April 2019.
 
Dalam apel gabungan yang dilaksanakan di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah ini, Panglima mengatakan TNI dan Polri siap mengamankan Pemilu 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain mengecek kesiapan pasukan, Panglima TNI juga ingin memastikan prajuritnya benar-benar memahami aturan pelibatan TNI dalam pengamanan pemilu.
 
"Dengan memahami aturan pelibatan pasukan TNI, diharapkan tidak akan terjadi kesalahan prosedur dan kesalahpahaman di lapangan," imbuhnya.
 
Apel gabungan ini dipimpin Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Mochammad Effendi dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono. Sebanyak 3.300 personel TNI-Polri dari berbagai satuan di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta hadir dalam apel ini.
 
Kodam IV/Diponegoro menyiapkan ribuan personel TNI untuk melaksanakan tugas perbantuan kepada Polri dalam mengamankan dan mensukseskan Pemilu 2019. Seluruh pasukan yang diperbantukan ke Polda berada di bawah kendali dari Polda, sedangkan pasukan yang tidak di BKO kan standby on call di satuan berada di bawah kendali Pangdam IV/Diponegoro.
 
Sebelum digelar Apel Gabungan TNI-Polri, telah dilaksanakan berbagai kegiatan pembekalan dan pelatihan kepada pasukan yang dilibatkan langsung dalam pengaman Pilpres dan Pilleg diantaranya Latihan Parsial di tiap-tiap satuan, Latihan Simulasi Pam Pemilu Gabungan TNI-Polri, Latihan Tri Patra, dan Latihan TFG Pam Pemilu 2019.

 

(BOW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif