Johnny G Plate - Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
Johnny G Plate - Medcom.id/Whisnu Mardiansyah

Jokowi-Ma'ruf akan Meluruskan Isu Utang Luar Negeri

Pemilu debat capres pilpres 2019
Arga sumantri • 11 April 2019 14:41
Jakarta: Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Johnny G Plate, menyebut jagoannya akan memaparkan kondisi perekonomian nasional terkini dalam debat pamungkas. Jokowi-Ma'ruf juga akan meluruskan isu utang luar negeri.
 
"Sekaligus menjelaskan prestasi ekonomi pemerintah," kata Johnny di Jakarta, Kamis, 11 April 2019.
 
Johnny menambahkan petahana akan fokus menjelaskan stabilitas perekonomian Indonesia di tengah terpaan krisis global. Efek perang dagang dan instabilitas keuangan Uni Eropa merupakan faktor eksternal yang menekan perekonomian Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Oleh karena itu, dengan membaiknya proses perundingan perang dagang Amerika Serikat-Tiongkok, kami yakin dengan strategi ekonomi pemerintahan Jokowi akan lebih baik ketika terpilih dalam periode selanjutnya," papar politikus NasDem.
 
Johnny juga menyoroti rencana cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno yang ingin mengangkat referendum ekonomi dalam debat. Menurut Johnny, Sandi belum bisa melihat ekonomi dalam sisi yang komperhensif.
 
"Menyimak narasi referendum ekonomi dari paslon 02, kami menilai ada berbagai faktor yang dilihat tidak secara komprehensif dan tidak memperhatikan faktor perekonomian dunia," ujarnya.
 
Baca: TKN Jokowi-Ma'ruf Pastikan Utang Pemerintah Masih Aman
 
Politikus Partai NasDem itu mengatakan Prabowo-Sandi adalah pengusaha yang tahu bagaimana mengelola utang jika dikelola dengan prudent dan sektor produktif, maka semua itu tidak akan menjadi masalah. Kecuali, lanjut dia, ketika utang tersebut dipolitisasi dengan hoaks dan fitnah.
 
Sebelumnya, Sandi mengatakan bakal mengangkat topik penting dalam debat pamungkas. Salah satunya, soal referendum ekonomi.
 
"Ini topik debat kelima sangat penting dan kami akan sampaikan referendum ekonomi. Topik terakhir ini akan membantu masyarakat yang belum menentukan pilihan secara mantap,," ujar Sandiaga di Resto Batik Kuring SCBD, Jakarta Pusat, Rabu 10 April 2019.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif