Koordinator TePi Jerry Sumampouw/Medcom.id/Syahrul Ramadhan
Koordinator TePi Jerry Sumampouw/Medcom.id/Syahrul Ramadhan

KPU Dianggap Gagal Fokus

Pemilu pemilu serentak 2019
Muhammad Syahrul Ramadhan • 14 Maret 2019 16:41
Jakarta: Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePi) Jerry Sumampouw menilai Komisi Pemilihan Umum gagal fokus sebagai penyelenggara. KPU dianggap lebih fokus mengurusi peserta pemilu daripada pemilih.
 
"Tapi kelihatannya rakyat ini tidak punya daya apa-apa mengikuti pemilu. Karena semua dikendalikan oleh penyelenggara dan peserta pemilu," kata Jerry di Kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Maret 2019.
 
Baca: ICMI: Golput Awal Kehancuran Bangsa

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPU seharusnya tidak boleh terpaku pada peserta pemilu. KPU juga lebih sibuk dengan kegiatan internal, termasuk kunjungan ke luar negeri.
 
KPU sebagai penyelenggara yang seharusnya memfasilitasi rakyat sebagai pemilik hajat pun tak terlihat perannya. Mereka belum mampu menyelesaikan masalah teknis pemilu.
 
Di sisi lain, Jerry menyoroti masalah daftar pemilih tetap dan daftar pemilih tambahan. KPU sama sekali tak antisipatif pada aspek itu.
 
Baca: KPU Diminta Peka
 
Jerry juga melihat problem calon legislatif yang tidak mau mempublikasikan data diri di website remsi KPU. Padahal, banyak orang bertanya-tanya siapa caleh yang akan dipilih.
 
Ia memandang KPU tak melihat serius persoalan ini. KPU tak mengakomodasi hak rakyat untuk mengetahui siapa yang bakal mewakili mereka di Parlemen. Apabila alasannya berbenturan dengan UU, KPU seharusnya bisa mengumumkan caleg yang tak mau mempublikasikan data dirinya.
 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif