Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Johnny G Plate. Medcom.id/Arga Sumantri
Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Johnny G Plate. Medcom.id/Arga Sumantri

Kubu Petahana Tak Khawatir BW Jadi Panelis

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Faisal Abdalla • 29 Desember 2018 16:12
Jakarta: Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)- Ma'ruf Amin tak khawatir dipilihnya eks pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjodjanto (BW) sebagai panelis debat perdana Pilpres 2019. Meskipun, BW pernah menjadi ketua dewan pakar tim pemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada Pilgub DKI 2017.
 
"Kami tidak khawatir selama Bambang bekerja secara profesional," kata Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Johnny G Plate, ketika dihubungi, Sabtu, 29 Desember 2018.
 
Johnny mengatakan KPU sudah mengatur mekanisme kerja yang harus dilakukan panelis. Nantinya, panelis hanya tinggal mengikuti aturan KPU secara perofesional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekjen Partai NasDem itu pun menyerahkan kepada masyarakat untuk menilai langsung sikap seorang panelis. Bila memang publik membaca seorang panelis tak bisa netral, justru akan merugikan calon yang didukungnya.
 
"Maka sekarang Bambang Widjojanto dituntut untuk menunjukkan profesionalisme dia, dia harus mengambil posisi nonpartisan," tegas Johnny.
 
Baca: Daftar Panelis Debat Perdana Pilpres 2019
 
Kubu petahana juga enggan mempermasalahkan nama-nama moderator maupun panelis lain yang sudah ditetapkan KPU. Yang jelas, TKN ingin fokus mengawal debat agar bisa berjalan dengan baik dan melahirkan isu-isu substantif.
 
"Sehingga masyarakat mendapatkan informasi tambahan yang memadai ketika mereka akan menentukan pilihannya," ujarnya.
 
KPU sudah menetapkan delapan orang panelis untuk menyusun pertanyaan saat debat publik pertama Pilpres 2019. Mereka ialah Guru Besar Hukum Internasional Hikmahanto Juwana; eks Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan; Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik; Ahli Hukum Tata Negara Bivitri Susanti; Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo; eks pimpinan KPK Bambang Widjojanto; Ahli Hukum Tata Negara Margarito Kamis, serta seorang dari unsur Pimpinan KPK yang masih belum disebutkan namanya.
 
Debat publik capres-cawapres pertama dijadwalkan akan digelar pada 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan dengan format debat antarpasangan capres dan cawapres. Isu yang akan diangkat dalam debat publik pertama meliputi hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), korupsi, dan terorisme.
 

 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif