63 Ulama Bahas Hijrah Bersama Kiai Maruf
Calon wakil presiden KH Ma'ruf Amin berdiskusi dengan puluhan ulama dari Jakarta Timur. Foto: Istimewa
Jakarta: Sebanyak 63 ulama dari Jakarta Timur membahas soal hijrah yang sempat dilontarkan Presiden Joko Widodo akhir pekan lalu. Pembahasan dilakukan bersama calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin, lepas salat Subuh berjemaah di Menteng, Jakarta Pusat. 

Ma'ruf menekankan pentingnya menjaga kedaulatan bangsa dan negara baik dari sisi politik, sosial, dan ekonomi. Ia mengatakan konsep Trisakti Bung Karno perlu dipahami dan dilaksanakan secara istikamah sebagai titik tolak hijrah bangsa Indonesia ke arah yang lebih berkualitas. 


Ia mengingatkan semua anak bangsa agar memelihara negara (himayatud daulah) dengan cara memastikan tegaknya Pancasila dan NKRI. Menurutnya, itu adalah konsep yang sudah disepakati para pendiri bangsa.

"Kita juga perlu menjaga akidah sebagai alat thariqati ahlussunah wal jamaah. Akidah Islam ahlussunah wal jamaah yang berkarakter moderat," kata Ma'ruf.

Usai diskusi, mustasyar PBNU ini memberikan surban kepada para kiai yang diikuti dengan kebulatan tekad mendukung sepenuhnya pasangan 01 di Pilpres 2019. Pernyataan dukungan dibacakan KH Arif Fahruddin dan diteken seluruh ulama yang hadir. 

Dukungan ini diberikan mengingat KH Ma'ruf Amin adalah ulama besar yang sudah berjuang untuk umat selama puluhan tahun. Ma'ruf berterima kasih atas silaturahmi dan dukungan para kiai ini.

"Kiai Ma'ruf Amin adalah tipikal ulama yang paripurna. Beliau menguasai dengan baik solusi konkret atas permasalahan kebangsaan ini," kata Arif Fahruddin, kiai muda asal Klender, Jakarta Timur, yang juga ketua umum Majelis Pemuda Islam Indonesia itu. 

Sebelumnya, calon presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk hijrah menjadi pribadi yang lebih baik. Hal itu perlu dilakukan untuk menjaga persatuan, kesatuan, dan persaudaraan antarmasyarakat.

"Saya mengajak kita semuanya bersama-sama mulai hijrah dari ujaran-ujaran kebencian ke ujaran-ujaran kebenaran," ujar Jokowi dalam acara deklarasi dukungan ulama, pendekar Banten dan relawan Banten bersatu di GOR Maulana Yusuf, Serang, Banten, Sabtu, 3 November 2018.





(UWA)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id