Puluhan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Jawa Tengah melakukan aksi cukur gundul. Foto: Mustholih
Puluhan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Jawa Tengah melakukan aksi cukur gundul. Foto: Mustholih

Jokowi-Ma'ruf Unggul, Kader PDIP Jateng Cukur Gundul

Pemilu kampanye pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Mustholih • 17 April 2019 17:37
Semarang: Puluhan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Jawa Tengah melakukan aksi cukur gundul. Aksi itu dilakukan sebagai wujud syukur atas kemenangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, berdasar hitung cepat sejumlah lembaga survei.
 
"Ini aksi ini spontanitas. Ini gaya PDI Perjuangan kalau mau merayakan kemenangan yang paling murah ya gundulan," kata Ketua PDI-Perjuangan Jateng, Bambang Wuryanto, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 17 April 2019.
 
Menurut Bambang Pacul, sapaan akrabnya, bagi PDI Perjuangan, aksi cukur gundul punya filosofi menjunjung semangat tinggi. "Mereka punya filosofi dengan gundul maka semua yang kotor ada di rambut dihilangkan semua, semangat baru. Itu filosofi partai akar rumput ya seperti itu," ujar Bambang menegaskan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aksi cukur gundul itu dilakukan setelah Jokowi-Ma'ruf Amin dinyatakan meraih suara 76 persen pemilih Jateng berdasar hitung cepat. Aksi itu dilakukan pada pukul 16.30 WIB dan diikuti 40 kader PDI-Perjuangan Jateng.
 
Seorang peserta, Solikin, menyatakan memang punya nazar bakal cukur gundul apabila Jokowi-Ma'ruf menang atas Prabowo Subianto-Sandiaga S. Uno. "Saya punya nazar akan cukur gundul kalau Pak Jokowi menang. Dan Alhamdulillah, Jokowi menang," kata laki-laki yang aktif di Banteng Muda Indonesia Jateng tersebut.
 
Dari hasil hitung cepat, menurut Solikin, perolehan suara Jokowi tidak mungkin terkejar oleh Prabowo-Sandi. Sehingga, ia meyakini Jokowi bakal terpilih menjadi Presiden untuk dua periode. "Dengan ini saya nyatakan Pak Jokowi menang dari Prabowo," pekik Solikin seraya diikuti pekik merdeka dari para peserta cukur gundul yang lain.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif