Satgassus Papua Dipertahankan hingga Pemilu 2019

Dian Ihsan Siregar 26 November 2018 15:55 WIB
pemilu serentak 2019
Satgassus Papua Dipertahankan hingga Pemilu 2019
Polisi menjaga keamanan. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Jakarta:Polri memperpanjang masa tugas Satuan Tugas Khusus (Satgassus) untuk Papua hingga Pemilu 2019. Langkah ini diambil demi mengantisipasi agar tidak ada polisi yang gugur di tanah Papua.

"Pada 2018 ada kejadian yang mengakibatkan gugurnya anggota Polri. Jadi, 2019 kita meminimalisasi lagi ancaman dari serangan KKB (kelompol kriminal bersenjata)," kata Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Ruang Rupatama Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta, Senin, 26 November 2018.


Pada Juni 2018, Brigadir Sinton Kabarek gugur diserang KBB. Saat itu, dia sedang mengamankan distribusi logistik pilkada di Distrik Torere, Puncak Jaya, Juni 2018. 

Satgassus Papua, sambung dia, terdiri dari TNI, Polri, maupun kalangan lainnya. Satgas ini dipastikan akan membuat Pemilu 2019 di Bumi Cendrawasih lebih kondusif.

Baca:Mak-Mak Deklarasi Dukung Jokowi Sambil Bawa Sayur

"Satgas kita akan menjalankannya sangat persuasif kepada masyarakat Papua. Jadi, secara masif satgas akan mengantisipasi semua gangguan hingga pemilu tahun depan," kata pria jenderal bintang satu ini.

Selain pengamanan, Satgassus Papua juga bertugas mengedukasi rakyat Papua, khususnya memberikan informasi bercocok tanam dan beternak. "Itu merupakan cara untuk meningkatkan kemampuan masyarakat," jelas Dedi.





(OGI)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id