Yenny Wahid. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
Yenny Wahid. Foto: Medcom.id/Nur Azizah

Kubu Jokowi Menahan Perasaan Gembira Berlebihan

Pemilu pilpres 2019
Arga sumantri • 17 April 2019 18:21
Jakarta: Putri Presiden ke-4 Republik Indonesia Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid, menyebut calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo tak mau langsung menyimpulkan kemenangan dari hasil hitung cepat. Meskipun, Jokowi tercatat unggul cukup jauh versi hitung cepat sejumlah lembaga survei.
 
"Pak Jokowi kan orangnya rendah hati dan sederhana. Beliau (Jokowi) bukan orang yang suka ge-eran, beliau tidak ingin mendahului kehendak ya," kata Yenny Wahid di Djarta Teater, Jakarta Pusat, Rabu, 17 April 2019.
 
Menurut Yenny, alasan itu pula yang menjadi dasar Jokowi dan para pimpinan partai pengusung tak melakukan euforia kemenangan. Hasil penghitungan suara sesungguhnya menunggu rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beliau (Jokowi) akan patuh pada konstitusi, undang-undang, dan lembaga-lembaga berwenang untuk mengumumkan hasil pemilu secara resmi," paparnya.
 
Yenny mengatakan, semua pihak harus menghormati KPU. Ia meyakini KPU akan bekerja secara profesional dan independen dalam mengawal perolehan suara.
 
"Walaupun dari pihak 01 cukup percaya diri akan ditetapkan sebagai pemenang. Kita tidak ingin bersikap arogan dan mendeklarasikan kemenangan terlalu dini," ujarnya.
 
Baca:Yenny Wahid Yakin Jokowi Menang
 
Yang jelas, Yenny menilai keunggulan Jokowi versi hitung cepat lembaga survei diyakini lantaran sikap optimistisnya selama ini. Ia yakin masyarakat banyak menaruh simpati dengan pola pemilu gembira yang diusung petahana.
 
"Saya rasa mayoritas masyarakat Indonesia masih menginginkan suasana bangsa kita ke depan itu suasana yang ceria, cerah, yang aman, yang mengedepankan sifat yang positif," ungkapnya.
 

(DMR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif