Inspektur KPU Adiwijaya Bakti--Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Inspektur KPU Adiwijaya Bakti--Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Perwakilan Negara Tetangga Terkesan Pemilu Indonesia

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 17 April 2019 17:09
Jakarta: Inspektorat Komisi Pemilihan Umum (KPU) menemani sejumlah perwakilan negara tetangga memantau pelaksanaan Pemilu serentak 2019. Para peserta mengaku sangat terkesan dengan pesta demokrasi Indonesia.
 
“Mereka sangat terkejut. Misalnya bagaimana menangani penyandang sosial mental sebagus di Indonesia,” kata Inspektur KPU Adiwijaya Bakti, Rabu, 17 April 2019, di TPS 010 Kelurahan Kuningan Timur, Jakarta Selatan.
 
Dia menyebut kegiatan ini adalah program elektoral fisik, yaitu membuka kesempatan pada dunia internasional dan pengamat luar negeri mengenal proses pelaksanaan pemilu di Indonesia. Ada beberapa negara yang menjadi bagian dalam program kali ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Ada yang dari Uzbekistan, Jepang, Mozambik, hingga media dari Mesir,” beber Adiwijaya.
 
Baca: Habibie: Pemilu Berjalan Tenang
 
Sebelum ke TPS tempat Presiden ke-3 B.J Habibie mencoblos, kata dia, rombongan sempat mengunjungi Panti Bina Karya. Di sana, lanjutnya, ada TPS bagi penyandang disabilitas mental dengan kategori ringan.
 
Sebab, penyandang disabilitas berhak memberi hak konstituennya jika dalam posisi tenang dan terkendali. Di Panti Bina Karya, kata dia, terdapat 447 penghuni yang terbagi dalam tempat TPS.
 
Setelah itu mereka mengunjungi permukiman padat pendukuk seperti Kali Anyer, Tambora. Adiwijaya menyebut tingkat partisipasi di tempat ini cukup tinggi hingga di atas 80 persen.
 
Dia menyebut hasil kunjungan ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Bagi perwakilan luar negeri, mereka akan membawa hasil kunjungannya ke negara masing-masing sebagai perbandingan.
 
Sedangkan bagi Indonesia, hasil kunjungan ini bakal diumumkan kemudian oleh Ketua KPU, Arief Budiman. “Nanti malam mungkin ada pres rilis dari Pak Ketua,” pungkasnya.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif