Calon Presiden Joko WIdodo dan Calon Presiden Prabowo Subianto--Antara/Sigid Kurniawan
Calon Presiden Joko WIdodo dan Calon Presiden Prabowo Subianto--Antara/Sigid Kurniawan

Capres Ditagih Solusi Konkret Masalah Lingkungan

Pemilu debat capres pilpres 2019
Antara • 14 Februari 2019 13:42
Jakarta: Lingkungan hidup dan kehutanan menjadi salah satu tema debat kedua calon presiden. Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Indonesia berharap calon presiden tak hanya sekadar wacana.
 
"Harusnya mereka berdua punya tawaran yang lebih konkret terkait persoalan lingkungan hidup. Misalnya kalau kita lihat sekarang bencana ekologis juga semakin meningkat dari tahun ke tahun," kata Manager Kampanye Keadilan Iklim Eksekutif Nasional Walhi Yuyun Harmono di Jakarta, Kamis, 14 Februari 2019.
 
Dia menuturkan aktivitas manusia, termasuk dalam pembangunan ekonomi, berkontribusi pada kerusakan lingkungan, perubahan iklim, dan bencana ekologis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau kita lihat dengan tren bencana hidrometeorologis atau ekologis yang semakin tinggi. Berarti kan alam bereaksi terhadap model aktivitas ekonomi yang kita lakukan," paparnya.
 
"Dan harusnya ada penyelesaian soal itu, jadi bukan semata-mata kita harus ramah lingkungan. Tapi dia juga menyasar persoalan kunci terkait dengan paradigma ekonomi kita," terangnya.
 
Baca: Capres-Cawapres Diminta Selesaikan Konflik Agraria
 
Pada 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto akan beradu pemikiran dan respons dalam debat kedua. Debat kedua mengangkat tema energi, lingkungan hidup, infrastruktur, pangan dan sumber daya alam.
 
Sekitar 2.000 personel gabungan bakal diterjunkan, guna mengamankan debat kedua. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jawa Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan penjagaan dibagi di tiga titik.
 
Keamanan akan difokuskan kepada peserta debat. Kerja sama dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) juga dilakukan dengan pembagian tiga titik lingkaran.
 
Argo menambahkan kepolisian juga akan menutup jalan sekitar lokasi debat kedua calon presiden, Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Ini, kata dia, dilakukan demi kelancaran acara.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi