Pemilu. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Pemilu. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

TKN Nilai Putusan Bawaslu Soal Situng Tepat

Pemilu pemilu serentak 2019
Candra Yuri Nuralam • 16 Mei 2019 15:11
Jakarta: Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin mengapresiasi keputusan Badan Pengawas Pemulu (Bawaslu) atas permohonan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tentang sistem informasi penghitungan suara (situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU). Keputusan Bawaslu dinilai tepat.
 
"Putusan Bawaslu merupakan mekanisme yang dibenarkan oleh peundang-perundangan pemilu," kata Wakil Direktur Bidang Hukum TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Juri Ardiantoro, melalui keterangan resminya di Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.
 
Menurut dia, putusan Bawaslu sangat positif untuk menegakkan hukum dan keadilan pemilu di Indonesia. Dengan keputusan itu, Bawaslu membuktikan kepada masyarakat sebagai lembaga yang independen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Putusan yang menyatakan bahwa ada kesalahan tata cara input data situng adalah juga kepentingan semua pihak, yakni KPU dituntut untuk bekerja profesional dan terbuka untuk menjamin pemilu yang jurdil," ujar Juri.
 
Di sisi lain, TKN menolak jika situng dihentikan hanya karena kepentingan publik. Situng, kata Juri, adalah transparansi data yang dibutuhkan seluruh masyarakat.
 
"Karena itu jika dikabulkan akan membawa pemilu pada ketidakpastian, di mana transparansi dan kebutuhan informasi cepat yang menjadi syarat demokrasi modern tidak terpenuhi," tegas Juri.
 
KPU memastikan situng tetap berjalan. Hal itu sejalan dengan permintaan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), meski KPU diputuskan melanggar tata cara input data dalam situng.
 
Baca: TKN: Pilpres Mustahil Dimanipulasi
 
“Lah iya (dilanjutkan). Jangan ada pertanyaan akan dihentikan. Padahal pernyataan Bawaslunya apa? (Situng diteruskan),” kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jakarta.
 
KPU bakal memperbaiki hal-hal yang dianggap salah oleh Bawaslu. Namun, KPU masih menunggu salinan putusan dari Bawaslu.
 
Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan putusan ini menunjukkan KPU dan Bawaslu punya komitmen sama. Situng adalah bentuk transparansi KPU kepada publik.
 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif