Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arsul Sani. MI/ Susanto.
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arsul Sani. MI/ Susanto.

Pemilihan Moderator Debat Harus Dilihat dari Rekam Jejak

Pemilu pilpres 2019
Whisnu Mardiansyah • 23 Januari 2019 04:05
Jakarta: Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arsul Sani meminta agar pemilihan moderator untuk debat kedua tidak perlu diributkan. Moderator cukup dilihat dari rekam jejaknya.
 
"Jadi, kita enggak akan kemudian bersuara orang per orang. Kita minta kalau orang cuma imparsial," kata Arsul di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Januari 2019.
 
Imparsial dapat dilihat dari rekam jejak calon moderator. Sebagai contoh, saat debat pertama TKN menolak sosok Bambang Widjojanto. Bukan karena individunya, tetapi rekam jejaknya yang pernah menjadi tim sukses kampanye.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita ingatkan KPU itu, lihatlah rekam jejaknya. Nah, rekam jejak itu tidak hanya dalam bentuk misalnya, kolaborasi fisik, misalnya Pak BW di Pilgub 2017. Tapi kolaborasi psikis pikiran intelektual itu juga harus dilihat," jelas dia.
 
Mengenai nama Najwa Shihab dan Tommy Tjokro sebagai calon moderator, Arsul menyerahkan sepenuhnya kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia yakin sosok pilihan KPU kepada Najwa dan Tommy sudah melalui pertimbangan yang matang.
 
"Kita harus percaya harus husnudzon bahwa KPU itu sudah melakukan penelusuran rekam jejak baik secara fisik maupun secara psikis pikiran bahwa yang bersangkutan itu independen," jelas Arsul.
 
Debat kedua pilpres akan digelar Minggu, 17 Februari 2019 di Hotel Sultan Jakarta. Format debat hanya menampilkan calon presiden. Tema yang diangkat yakni energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Televisi penyelenggara debat kedua yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.
 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif