Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN), Ace Hasan Syadzily - MI/M Irfan.
Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN), Ace Hasan Syadzily - MI/M Irfan.

Tampil Menyerang, Jokowi Disebut Menguasai Tema

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Whisnu Mardiansyah • 18 Januari 2019 15:50
Jakarta: Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN), Ace Hasan Syadzily, menampik anggapan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo terlalu ofensif dalam debat perdana. Sikapnya yang berapi-api menunjukkan komitmen kuatnya dalam empat tema yang diperdebatkan.
 
"Misalnya soal perempuan dan pemberantasan korupsi. Saya kira itu bukan menyerang tapi lebih ingin menunjukkan komitmennya terhadap hak-hak perempuan," kata Ace saat dihubungi wartawan, Jumat, 18 Januari 2019.
 
Dalam debat, Jokowi menekankan, pemenuhan hak-hak perempuan dan pemberantasan korupsi harus dimulai dari lingkungan sendiri. Dari situlah, Jokowi meragukan komitmen Prabowo dengan mengungkapkan fakta-fakta yang terjadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagaimana mau memperjuangkan perempuan kalau dalam partainya sendiri peran perempuan minim. Demikian juga soal korupsi, bagaimana mau memberantas korupsi kalau partainya sendiri mencalonkan eks mantan koruptor," jelas Ace.
 
(Baca juga:Ma'ruf: Presiden Harus Dominan di Debat Awal)
 
Sikap berapi-api Jokowi dinilai menunjukkan rasa optimisme seorang pemimpin. Pemaparan Jokowi berorientasi pada penyelesaian masalah secara terukur dan tepat.
 
"Pembawaan Pak Jokowi yang lebih menyampaikan fakta," ujarnya.
 
Di sisi lain, mengenai peran Ma'ruf Amin yang minim, Ace mengatakan hal itu memang sengaja. Justru saat berbicara beliau menunjukkan kualitasnya sebagai seorang ulama besar.
 
"Narasi yang disampaikan beliau tidak bertele-tele dan muter-muter dan fokus pada sasaran atau straight to the point. Tidak seperti yang disampaikan sebelahnya, banyak bicara, muter-muter ke sana kemari, tapi miskin substansi," kata dia.
 


 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi