Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. ANT/Hafidz Mubarak.
Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. ANT/Hafidz Mubarak.

Cek Fakta: Pancasila Harus Masuk Kurikulum

Pemilu debat capres pilpres 2019
Dheri Agriesta • 30 Maret 2019 21:22
Jakarta: Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto ingin ideologi Pancasila ditanamkan sejak dini. Pancasila diminta masuk dalam kurikulum pendidikan.
 
"Pancasila harus dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan," kata Prabowo dalam debat capres di Hotel Shangria-La, Jakarta, Sabtu, 30 Maret 2019.
 
Berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ideologi Pancasila telah masuk dalam kurikulum pendidikan. Konten Pancasila diajarkan sejak pendidikan dasar dan menengah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Konten itu pun dimuat secara jelas dan terukur dalam kurikulum nasional, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Mata pelajaran itu memuat penerapan Pancasila dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
 
Namun, penerapan pengajaran Pancasila di dalam ruang kelas mendapatkan catatan khusus. Pemerintah dinilai harus bisa meningkatkan kompetensi guru dalam menyampaikan nilai-nilai Pancasila.
 
Guru pun harus bisa membuat mata pelajaran PPKn tak membosankan. Selain itu, para guru harus bisa menjadi contoh teladan dalam penerapan Pancasila bagi para siswa.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif