Elite Politik Lebih Sulit Diajak Hijrah
Cendekiawan muslim Azyumardi Azra. (Foto: MI/Susanto)
Jakarta: Cendekiawan muslim Azyumardi Azra menyebut elite politik cenderung lebih sulit diajak hijrah. Padahal secara sistem politik, Undang-undang mendukung hal tersebut.

Azra mengatakan aturan dalam perundang-undangan tegas melarang bahkan tak segan menjatuhkan sanksi kepada mereka yang berupaya melakukan perpecahan. Hal ini selaras dengan ajakan yang digaungkan oleh Presiden Jokowi.


"Yang belum mendukung saya kira kalangan elite politik yang memang gemar melakukan hal tersebut," ujarnya dalam Metro Pagi Primetime, Selasa, 6 November 2018.

Azra mengatakan Undang-undang bahkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) jelas tidak membolehkan siapa pun terutama elite politik menyinggung pribadi atau kelompok masyarakat tertentu. Selain cenderung mengolok-olok, tindakan tersebut bisa memicu perpecahan. Terlebih menjelang tahun politik.

"Lihat beberapa hari ini yang terjadi di Boyolali misalnya. Saya kira elite politik seharusnya lebih bijak dan arif dalam berkampanye. Makanya kampanye atau pesan politik itu hendaknya didasarkan pada fakta," kata dia.

Menurut Azra masyarakat umumnya memiliki pemikiran yang sederhana; hidup damai dan mendapatkan rezeki yang baik. Namun pernyataan elite yang tidak bijak membuat mereka terprovokasi.

Menyebarkan pesimisme tanpa mendasarkan pada fakta atau menggunakan isu kenaikan harga komoditas misalnya hanya akan menimbulkan kegaduhan. Isu kenaikan harga akan membuat pedagang di pasar protes atau bahkan berdemonstrasi.

Ketika hal itu terus diungkapkan bukan tidak mungkin masyarakat akan beralih ke supermarket yang harganya tak bisa ditawar alih-alih berbelanja ke pasar tradisional. Calon pemimpin, tambah dia, mestinya menawarkan kebijakan yang solutif.

"Jangan misalnya kampanye atau pernyataan politik yang menimbulkan kerugian pada sebagian masyarakat. Misalnya yang hidupnya bergantung dari sektor pasar tradisional. Narasi yang dibangun harus optimisme, harus yang menyelesaikan persoalan," jelasnya.





(MEL)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id