Masyarakat Diminta Aktif Awasi Pelanggaran Pemilu

Sunnaholomi Halakrispen 24 November 2018 13:17 WIB
pemilu serentak 2019
Masyarakat Diminta Aktif Awasi Pelanggaran Pemilu
Ketua Bawaslu DKI Jakarta Muhammad Jufri (kiri) bersama dengan Direktur Populi Center Usep S Ahyar (tengah) dan Pengurus LTN PBNU Uday Abdurrahman menjadi oembicara dlam diskusi Perang Digital Kampanye Hitam Pilgub DKI Jakarta di Gedung PBNU, Jakarta, Rab
Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta kembali menggelar sosialisasi pemilu 2019. Kali ini sosialisasi digelar di Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu, 24 November 2018.

Ketua Bawaslu DKI Muhammad Jufri mengatakan, sosialisasi pengawasan partisipatif akan digalakkan untuk mencegah bertambahnya pelanggaran pemilu.


"Kita perlu melakukan pencegahan lebih dini, lebih kencang. Sehingga pelanggaran pemilu itu tidak begitu banyak," ujar Jufri di Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Sosialisasi tersebut kata Jufri sangat penting bila mengacu pada enam kasus yang telah dilimpahkan ke proses penyidikan dalam kegiatan kampanye selama tiga bulan ini. Khususnya, laporan dugaan pelanggaran politik uang.

"Banyak terjadi pelanggaran bahkan di Bawaslu Jakarta Utara sudah dilakukan vonis terhadap dugaan politik uang. Supaya tidak banyak terjadi politik uang perlu sekali kita sosialisasi kepada warga agar tidak boleh menerima berupa pemberian apapun dari caleg," tuturnya.

Jufri pun menekankan pentingnya warga memerhatikan hal tersebut, karena bila dilanggar telah masuk ranah pidana pemilu.

Jika melihat, mendengar, atau mengetahui adanya dugaan pelanggaran pemilu, Jufri mengimbau warga tidak lengah dan melaporkan langsung kepada Bawaslu.

"Laporkan ke pengawas pemilu. Bisa melalui telepon, SMS, WA, facebook, dan lain-lain. Agar kami bisa melakukan tindakan," kata dia.  

Sebelumnya, sosialisasi Bawaslu DKI Jakarta telah dilakukan di lima tempat. Yaitu Kota Tua Jakarta Barat, Taman Ismail Marzuki Jakarta Pusat, Taman Kelapa Gading Jakarta Utara, Kelapa Gading Jakarta Utara, dan di Setu Babakan Jakarta Selatan.



(MBM)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id