Ilustrasi. Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan pidato politiknya saat Kampanye Akbar Partai Golkar di Istora Senayan. Foto: Antara/Muhammad Adimaja.
Ilustrasi. Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan pidato politiknya saat Kampanye Akbar Partai Golkar di Istora Senayan. Foto: Antara/Muhammad Adimaja.

Golkar Habiskan Dana Rp307 Miliar Selama Kampanye

Pemilu dana kampanye
Muhammad Syahrul Ramadhan • 03 Mei 2019 04:22
Jakarta: Partai Golkar menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Total penerimaan dan pengeluaran partai berlambang pohon beringin selama masa kampanye sebanyak Rp307 miliar, tersisa sekitar Rp200 juta.
 
Liaison Officer (LO) Partai Golkar untuk KPU, Imran mengatakan dana kampanye berasal dari berbagai sumber. Suntikan terbanyak berasal dari caleg dengan total penerimaan sebesar Rp235 miliar, kemudian sumbangan perseorangan yang tercatat sebanyak Rp100 juta.
 
"(Besaran) sumbangan dari caleg tentatif, ada yang paling kecil Rp100 juta, karena enggak kampanye sama sekali. Ada yang paling besar sekitar Rp2 miliar sampai Rp3 miliar," ujar Imran i Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis, 2 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Imran menyebutkan, dana kampanye digelontorkan untuk sejumlah hal. Seperti pembuatan Alat Peraga Kampanye (APK) caleg, hingga sosialisasi caleg ke lapangan.
 
Selain itu, ada juga dana yang digunakan untuk iklan partai sebesar Rp72 miliar. Adapun dana kampanye akbar partai menelan biaya hingga Rp4 miliar.
 

(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif