Lembaga survei yang tergabung dalam anggota Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) menggelar Expose Data Quick Count Pemilu 2019 di Jakarta, Sabtu (20/4). Foto: MI/Bary Fathahilah
Lembaga survei yang tergabung dalam anggota Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) menggelar Expose Data Quick Count Pemilu 2019 di Jakarta, Sabtu (20/4). Foto: MI/Bary Fathahilah

Cyrus Network Sindir Penolak Hasil Hitung Cepat

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Lukman Diah Sari • 20 April 2019 22:16
Jakarta: CEO Cyrus Network Hasan Nasbi mengaku bingung, apa penyebab pihak-pihak tak menerima hasil hitung cepat lembaga survei. Padahal, kata Hasan, pihak yang tak terima pernah kegirangan saat hasil hitung cepat saat Pilgub DKI 2017 dimenangkan partai pengusung Anies-Sandi.
 
“Orang yang menghina lembaga survei adalah orang yang sama dengan orang yang jingkrak-jingkrak ketika Anies-Sandi menang. Itu orang yang sama. Kemarin kalian jingkrak-jingkrak, tanpan menunggu KPU,” kata Hasan dalam acara Expose Data Hasil Quick Count Pemilu 2019 di kawasan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 20 April 2019.
 
Hasan menegaskan, tidak ada lembaga survei yang memaksa untuk menerima hasil hitung cepat. Namun, kata Hasan, karena tidak percaya hasil hitung cepat, lembaga survei malah dilaporkan ke Polisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Silakan tunggu hasil KPU, ini kan (hitung cepat) untuk memuaskan keinginan orang,” ujarnya.
 
Hasan mengungkap, dalam proses survei maupun hitung cepat bisa diperiksa dari hulu sampai hilir. Dia menegaskan, dari sekian banyak survei dan hitung cepat yang dilakukan hasilnya selalu tak beda jauh dengan KPU.
 
“Karena ini prosesnya sesuai dengan kaidah ilmiah. Ketika kita melakukan hitung cepat, semua kepentingan politik hilang. Hitung cepat adalah pelengkap demokrasi. Tapi yang menuduh itu hama demokrasi,” tandasnya.
 

(DMR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif