Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta. (Foto: MI/Ramdani)
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta. (Foto: MI/Ramdani)

Jokowi-Ma'ruf Unggul Dalam Pemberdayaan Perempuan

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf
Eko Nordiansyah • 20 Januari 2019 05:58
Jakarta: Paslon capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo- Ma’ruf Amin dinilai lebih memiliki program konkret dan komitmen dalam pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender. Komitmen ini terlihat dalam debat pertama Pilpres 2019 beberapa waktu lalu.
 
"Hal ini terbukti pada visi misi dan juga hal konkret yang telah dilakukan, dengan dipilihnya menteri-menteri perempuan dalam kabinetnya," kata Sekjen Divisi Perempuan Bravo 5, Ruby Kholifah dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, 19 Januari 2019.
 
Terdapat 9 menteri perempuan yang menduduki posisi strategis, di antaranya Menko Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan, Menteri Luar Negeri, Menteri BUMN, Menteri Keuangan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Menteri Kelautan dan Perikanan. Termasuk, 9 Panitia Seleksi (Pansel) untuk menyeleksi anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seluruhnya terdiri dari perempuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebaliknya, Pasangan Calon 02 terlihat kurang siap dan terkesan menganggap kesetaraan gender bukanlah hal penting, bahkan mendegradasi menteri-menteri perempuan," kata dia.
 
(Baca: Debat Perdana Dinilai Belum Meyakinkan Milenial)
 
Ruby meyakini kalau pasangan Jokowi-Ma'ruf terus membawa narasi perempuan dalam debat-debat selanjutnya. Konsistensi Jokowi akan membuat banyak pemilih perempuan mulai melakukan reposisi.
 
"Namun demikian, kami berharap isu gender tidaklah dipakai untuk saling serang, tetapi isu gender harus diposisikan menjadi isu penting yang tak terpisahkan dari isu HAM, hukum, korupsi dan terorisme," pungkasnya.
 

(JMS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif