Kubu Jokowi Minta Prabowo Tak Menebar Ketakutan

M Sholahadhin Azhar 23 November 2018 13:33 WIB
pilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
Kubu Jokowi Minta Prabowo Tak Menebar Ketakutan
Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Ace Hasan Syadzily --MI/RAMDANI
Jakarta:Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja Ace Hasan Syadzily merespons pernyataan Prabowo Subianto soal tekanan Joko Widodo pada elite. Menurutnya, hal tersebut tak mungkin dilakukan petahana.

"Ya, pasti tidak benarlah. Dengan instrumen apa kami bisa menekan para elite itu," kata Ace saat dihubungi, Jumat, 23 November 2018.


Menurutnya, era Jokowi berbeda dengan Orde Baru yang penuh tekanan. Eks Wali Kota Solo itu dikatakan tak memiliki instrumen apa pun untuk menekan. Sementara saat Orde Baru, Presiden Soeharto punya kekuatan militer aktif sebagai instrumen yang terlibat juga dalam berpolitik.

Ace meminta Prabowo tidak membawa penekanan yang biasa dilakukan Orde Baru ke kondisi aktual saat ini. Sebab, saat Soeharto berkuasa, kebebasan berpolitik dikekang rezim. Sementara, hal itu tak terjadi di era Jokowi. Semua orang bebas berekspresi.

"Ini era demokrasi, Pak. Setiap orang memiliki keleluasaan untuk menentukan pilihan politiknya, termasuk para elite yang dimaksud Pak Prabowo," ucap Ace.

Baca: Prabowo Disebut Sengaja Gulirkan Kontroversi

Lebih lanjut ia menantang Prabowo agar menunjukkan siapa elite yang mendukungnya. Siapa pula elite yang tak berani menyatakan dukungan karena ditekan. Ace meminta agar mantan komandan jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) itu bicara terang-terangan.

"Jangan selalu menebarkan ketakutan. Jangan memproyeksikan jika dirinya berkuasa ya," tandas Ace.

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto sebelumnya menyatakan sejumlah elite berniat mendukungnya pada Pilpres 2019. Namun, elite tersebut tak berani terang-terangan karena mendapatkan ancaman dari petahana.

Prabowo menyampaikan para elite ini berasal dari berbagai jabatan. Ia merasa miris dan prihatin kebebasan berpolitik mereka dibatasi dan justru mendapatkan ancaman.

"Saya sering kedatangan elite. Entah pakai gelar ini dan gelar itu. Pakai posisi ini dan itu. Dan mereka bilang 'Pak Prabowo, kami ingin mendukung Pak Prabowo, tapi kami ditekan. Kami diancam. Jadi, kami akan mendukung Pak Prabowo diam-diam. Kita akan mendukung Pak Prabowo dari belakang'," kata Prabowo menirukan percakapan dengan elite tersebut di hadapan relawannya di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 22 November 2018.



(YDH)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id