ilustrasi penghitungan suara. Antara Foto.
ilustrasi penghitungan suara. Antara Foto.

KPU: Tak Ada Alasan untuk Keberatan dengan Hasil Rekapitulasi

Pemilu pilpres 2019
Faisal Abdalla • 16 Mei 2019 21:19
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menilai tidak ada alasan bagi peserta pemilu untuk menolak rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019. Pasalnya rekapitulasi berjenjang sudah dilakukan secara terbuka dan transparan.
 
"Loh, kok enggak menerima gimana? Kan KPU kewajibannya menghitung, merekapitulasi, dan menetapkan hasil-hasil pemilihan umum," kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di Gedung KPU, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.
 
Pram, sapaannya, mengatakan proses rekapitulasi berjenjang selama ini sudah dilakukan melalui mekanisme transparan dan partisipatif. Semua peserta pemilu melalui saksi-saksinya boleh mengajukan keberatan jika menemukan kejanggalan dalam proses penghitungan suara. Jika ada pihak-pihak yang merasa keberatan, lanjut Pram, bisa mengajukan data dan diselesaikan bersama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pihak-pihak yang merasa keberatan bisa disampaikan di forum tersebut dan kita bisa melihat proses itu berlangsung dengan terbuka jika ada pihak-pihak yang merasa ada selisih di internal partai atau antarpartai atau antarcalon DPD kan bisa kita bahas di forum," ujar Pram.
 
Atas dasar itu, Pram meminta semua pihak bisa menerima hasil penghitungan suara apapun hasilnya. Kalaupun ada keberatan, bisa disampaikan disaluran yang tersedia yaitu sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK).
 
"Tidak ada alasan bagi pihak manapun untuk tidak menerima hasil dari proses yang memang sudah transparan dan akuntabel tadi," tutur dia.
 
Sebelumnya, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menegaskan menolak hasil penghitungan suara Pemilu 2019 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Prabowo menilai telah terjadi kecurangan selama proses Pemilu, mulai dari masa kampanye hingga penghitungan suara yang masih berjalan.
 
"Saya akan menolak hasil penghitungan suara pemilu, hasil penghitungan yang curang," ujar Prabowo saat berbicara dalam acara 'Mengungkap Fakta-Fakta Kecurangan Pilpres 2019' di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Mei 2019.
 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif