Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri

Warga Banten Diminta Mewarisi Semangat Sultan Tirtayasa

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Arga sumantri • 14 Maret 2019 23:49
Serang: Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menghadiri haul ke-327 Sultan Ageng Tirtayasa di Serang, Banten. Ma'ruf berharap warga Banten bisa memetik pelajaran hidup Sultan Tirtayasa.
 
"Kita ingin semangat kepahlawanan, perjuangan yang ada pada Sultan Tirtayasa diwarisi oleh masyarakat Banten secara keseluruhan," kata Ma'ruf di Serang, Banten, Kamis, 14 Maret 2019.
 
Ma'ruf mengatakan, Sultan Tirtayasa adalah sosok yang pemberani. Tokoh yang pernah berkuasa di Kesultanan Banten periode 1651-1683 itu banyak melakulan perlawanan terhadap penjajah Belanda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Misalnya, saat VOC sebagai organisasi Belanda di Nusantara menerapkan perjanjian monopoli perdagangan yang merugikan Kesultanan Banten. Kemudian, Sultan Tirtayasa menolak perjanjian ini dan menjadikan Banten sebagai pelabuhan terbuka.
 
"Jadi masyarakat Banten harus berani juga dan semangat. Mari kita berjuang," ucap Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu.
 
Ma'ruf mengatalan, perjuangan yang harus dilakukan masyarakat Banten saat ini berbeda karena bukan lagi zaman perang. Bila dahulu berjuang melawan penjajah, maka sekarang masyarakat Banten harus berjuang mengawal NKRI.
 
"Bagaimana mengisi kemerdekaan, menjaga NKRI supaya NKRI tidak dirusak orang. Jangan dikotori NKRI ini. Ini hasil perjuangan para pendahulu kita," kata Pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi Banten ini.
 
Sebelum menghadiri haul Sultan Ageng Tirtayasa ke-327, Ma'ruf sempat berziarah ke makam pahlawan asal Banten itu. Ma'ruf khusyuk berdoa dengan ulama setempat. Hadir pula Ketua DPD Golkar Provinsi Banten sekaligus Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, dan Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa.
 

(ADN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif