Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin -- Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin -- Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar

Ma'ruf Amin Menyayangkan Cara Ilegal Kubu Prabowo

Pemilu pilpres 2019
M Sholahadhin Azhar • 14 Mei 2019 15:30
Jakarta: Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin merespons rencana pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang akan membuka dugaan kecurangan pada Pilpres 2019. Ma'ruf menyayangkan pengungkapan itu dilakukan tak sesuai aturan alias ilegal.
 
"Sesuai aturan mestinya disampaikan kepada Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) untuk dibahas di sana," ujar Ma'ruf di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta Pusat, Selasa, 14 Mei 2019.
 
Ia melihat dugaan kecurangan masih harus dibuktikan dan tak bisa langsung ditetapkan sebagai kecurangan. Penentunya, yakni Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ma'ruf menyebut rencana pembeberan dugaan kecurangan oleh pasangan calon 02 tak akan berdampak apa pun. Sebab mereka telah menyerahkan dugaan-dugaan itu kepada penyelenggara.
 
"Ya mestinya, disampaikan ke Bawaslu. Jadi Bawaslu yang akan menilai seperti apa," ujar dia.
 
Baca juga:Bawaslu Sebut Koar-koar Kecurangan BPN Salah Alamat
 
Lebih lanjut, Ma'ruf juga menyoal usulan kubu penantang soal pemungutan suara ulang atau PSU. Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu melihat skema tersebut bisa dilakukan, namun hanya pada sebagian tempat pemungutan suara (TPS) yang sudah terbukti terjadi kecurangan.
 
Namun ia tegas menolak jika hal itu dilakukan untuk seluruh TPS, atau dalam hal ini melakukan pemilu ulang. Mengingat biaya materiil dan imateriil sangatlah tinggi.
 
"Masa pemilu diulang semua? Di Banten, Jawa sudah dilakukan itu," ujar Ma'ruf.
 
Hari ini, paslon 02 dijadwalkan merilis fakta-fakta kecurangan Pemilihan Umum di Hotel Grand Sahid Jaya. Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno bakal menghadiri agenda tersebut.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif