Wakil Ketua BPN Ahmad Muzani - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Wakil Ketua BPN Ahmad Muzani - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Kubu Prabowo Percaya Netralitas TNI-Polri

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Whisnu Mardiansyah • 16 April 2019 12:25
Jakarta: Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yakin dengan netralitas TNI-Polri di Pemilihan Umum yang digelar Rabu, 17 April 2019. Netralitas TNI-Polri amat vital dalam menegakkan demokrasi di Indonesia.
 
"Kami tetap berharap kepada Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Panglima TNI, yang telah menjanjikan netralitas aparat di bawahnya di dalam pemilihan umum dan pemilihan presiden yang akan datang," kata Wakil Ketua BPN Ahmad Muzani di Posko Media Center BPN, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Senin malam, 16 April 2019.
 
Pemilu 2019 akan menjadi ujian berat bagi TNI-Polri. Hal ini untuk menghilangkan stigma ketidaknetralan aparat di Pemilu 2019. TNI-Polri harus menjadi pihak yang berdiri di atas semua golongan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Netralitas TNI dan Polisi bagi masyarakat menjadi sangat penting karena ini adalah ujian bagi kepolisian, ujian bagi TNI, dalam menjunjung tinggi demokrasi, dalam menjunjung tinggi supremasi sipil, dan dalam berdiri di atas semua golongan, semua partai dan semua calon presiden," jelas Muzani.
 
Politikus Partai Gerindra itu menambahkan ujian terhadap netralitas TNI-Polri tidak mudah. Salah satunya godaan jabatan dan kekuasaan dari kandidat pasangan calon.
 
(Baca juga:TNI-Polri Siap Amankan Pemilu 2019)
 
"Kami tetap percaya netralitas TNI dan Polri adalah hal yang harus dijunjung tinggi oleh setiap personel TNI dan Polri dimanapun berada dan ditempatkan," kata Muzani.
 
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menghadiri apel gabungan TNI dan Polri. Keduanya memeriksa secara langsung kesiapan personel maupun alutsista dalam pengamanan Pemilu 2019.
 
"Pahami dan pedomani serta junjung tinggi netralitas TNI. Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab untuk mengamankan dan menyukseskan Pesta Demokrasi 2019," kata Panglima TNI, dikutip dari keterangan tertulis TNI yang diterima Medcom.id, Jumat 5 April 2019.
 
Dalam apel gabungan yang dilaksanakan di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah ini, Panglima mengatakan TNI dan Polri siap mengamankan Pemilu 2019.
 
Selain mengecek kesiapan pasukan, Panglima TNI juga ingin memastikan prajuritnya benar-benar memahami aturan pelibatan TNI dalam pengamanan pemilu.
 
"Dengan memahami aturan pelibatan pasukan TNI, diharapkan tidak akan terjadi kesalahan prosedur dan kesalahpahaman di lapangan," imbuhnya.
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif