Ilustrasi--Medcom.id
Ilustrasi--Medcom.id

Pemilu 2019 Dinilai Sudah Transparan

Pemilu pemilu serentak 2019
M Sholahadhin Azhar • 10 Mei 2019 23:17
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai sudah transparan dalam menjalankan proses rekapitulasi Pemilu 2019. Wakil Kepala Rumah Aspirasi Joko Widodo-Ma'ruf Amin Michael Umbas pun meyakini kecurangan dalam penghitungan yang berjenjang tak mungkin luput dari pengawasan.
 
"Kenapa? Karena semua mata memantau dan mengawasi setiap proses. Media juga ikut memberitakan," kata Michael Umbas di Jakarta, Jumat, 10 Mei 2019.
 
Makanya, ia pun menilai tudingan curang yang berkali-kali disampaikan bisa disimpulkan sebagai fitnah tak berdasar. Ia juga meyakini tudingan kecurangan justru mengarah pada kebohongan sebab sama sekali tidak berbasis fakta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Umbas menyebut ada pihak yang sengaja menggiring opini bahwa kecurangan secara terstruktur, sistematis, masif (TSM) di Pilpres 2019. Padahal, kata dia, faktanya tak demikian. Lagipula, pleno kabupaten dan kota hampir rampung dan sama sekali tak ada temuan indikasi kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif tersebut.
 
"Tidak ada kecurangan dari tahapan penghitungan suara Pilpres secara berjenjang. Sebab pihak tertentu yang bermaksud curang, dipastikan akan ketahuan," ujar dia.
 
Selama rekapitulasi, lanjutnya, setiap KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten/kota turut mengundang tokoh masyarakat, agama, dan unsur-unsur musyawarah pimpinan daerah (Muspida) setempat. Artinya, pleno tidak hanya dipantau saksi partai maupun kandidat Pilpres.
 
Ia pun mengajak pembentukan opini kecurangan dihentikan. Bagi Umbas, tudingan itu hanya halusinasi dan tak bisa dipaksa menjadi hal yang rasional. Mengingat hampir dalam setiap pleno rekapitulasi, tokoh-tokoh agama dan masyarakat justru memuji dan mengapresiasi Pilpres 2019 yang transparan.
 
"Semua bisa akses data dan rekapitulasi suara. Ini bukti nyata transparansi. Kebenaran tentu saja akan berdiri tegak, tak peduli seberapa kuat kalian mengguncangkannya," ujarnya.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif