Jimly Asshiddiqie foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Jimly Asshiddiqie foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Jimly: Ma'ruf dan Sandiaga Sama-sama Kuat

Pemilu debat capres pilpres 2019
Ilham Pratama Putra • 14 Maret 2019 22:39
Jakarta: Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie, menakar kekuatan para calon wakil presiden untuk debat ketiga. Ia menyebut kekuatan kedua cawapres seimbang.
 
"Kalau menurut saya keduanya 50-50 sama kuat. Ini lebih ke soal ide dan cara ngomong," kata Jimly di kantor Euro Management, Jakarta Pusat, Kamis 14 Maret 2019.
 
Menurutnya, bukan kekuatan kandidat yang dilihat masyarakat dalam debat ketiga. Sebab yang bergulir di silang pendapat nanti, tak akan jauh dari isu-isu yang berkembang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Ma'ruf Santai Hadapi Debat Ketiga
 
Sebaliknya, Jimly menilai masyarakat ingin melihat sikap kepemimpinan dari para calon pendamping. "Rakyat itu sekarang sudah punya sikap. Dia mau melihat sikap, melihat karakter kepemimpinan. Itu jauh lebih penting," ungkapnya.
 
Untuk menyajikan itu, Jimly meminta kedua kandidat memperhatikan akurasi data. Hal tersebut diyakini bisa memantapkan sikap pemilih. Sehingga gambaran isu-isu di debat ketiga bisa utuh disajikan.
 
"Jangan sampai menambah keraguan terhadap ini orang. Jadi data-data jangan sampai ada yang salah," ujar Jimly.
 
Baca juga: Sandi Ditatar untuk Debat Ketiga
 
KPU terus menyempurnakan persiapan debat ketiga Pilpres 2019. KPU telah menunjuk sembilan panelis dan langsung menggelar focus group discussion (FGD) bersama para panelis dan moderator.
 
Sembilan panelis yang ditunjuk KPU yakni Profesor Dwia Aries Tina Pulubuhu. Dia merupakan rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar periode 2018-2022 dan guru besar ilmu sosiologi Unhas.
 
Debat ketiga Pilpres 2019 akan digelar Minggu, 17 Maret 2019. Calon wakil presiden 01 Ma'ruf Amin dan cawapres 02 Sandiaga Uno akan beradu gagasan, visi, misi, program di bidang pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, sosial dan budaya.
 
Debat akan dimoderatori oleh jurnalis Alfitto Deannova dan Putri Ayuningtyas.
 

(ADN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif