Juru Bicara TKN Irma Suryani Chaniago. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Juru Bicara TKN Irma Suryani Chaniago. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

TKN Sebut Perolehan Suara Melalui Situng KPU Terus Konstan

Pemilu pilpres 2019
Kautsar Widya Prabowo • 24 April 2019 05:22
Jakarta: Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin melihat perolehan suara hingg saat ini menunjukan tren yang positif. Hal tersebut terlihat dari hasil Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU).
 
Bedasarkan Situng pada Selasa, pukul 20.30 WIB paslon 01 memperoleh 55,18 persen atau 18.789.350 suara. Sedangan paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tertinggal dengan perolehan 44,82 persen atau 15.257.189 suara.
 
"Kami bersyukur bahwa paslon 01 masih memimpin perolehan suara di real count KPU hingga hari ini," ujar juru bicara TKN Irma Chaniago, melalui keterangan tertulis, Selasa, 23 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski itu, TKN akan terus mengawal jalannya rekaptulasi suara terbuka melalui command center TKN. Mengingat, perolehan data Situng itu, diterima dari 186.915 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari total 813.350 TPS atau 22,9 persen.
 
"Sehingga masyarakat dapat mengetahui proses yang juga kamu lakukan secara transparan, bukan asal main klaim data namun tidak terbuka kepada publik," tuturnya.
 
Politikus Partai Nasdem itu menali sikap asal main klaim data tanpa keterbukaan, bertolak belakang dengan prinsip keterbukaan sebagai ciri negara demokrasi dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
 
Lebih lanjut, ia meminta kepada pendukung paslon 01 untuk tidak lelah dalam mengawal jalanya perhitungan suara ini,melalui form C1. Jika melihat adanya potensi kecurangan terhadap kubunya, pendukung harap melapor kepada pihak berwenang.
 
"Jangan lengah karena bisa saja ada kecurangan yang menimpa paslon 01. Bila temukan itu, lapor ke pihak berwajib," pungkasnya.
 

(EKO)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif