Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Medcom.id/Fachri Audia hafiez)
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Medcom.id/Fachri Audia hafiez)

Mendagri Segera Bersurat ke Bupati Mandailing Natal

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Fachri Audhia Hafiez • 24 April 2019 14:55
Jakarta: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan segera kirim surat ke Bupati Mandailing Natal (Madina), Dahlan Hasan Nasution. Surat berkaitan dengan permohonan pengunduran diri Dahlan dari jabatannya.
 
"Iya saya akan segera membalas surat yang bersangkutan dalam waktu dekat. Akan saya panggil dengan Pemerintah Daerah Sumatera Utara," ujar Tjahjo ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 24 April 2019.
 
Tjahjo membeberkan, dalam surat itu akan menjelaskan bahwa mekanisme permohonan pengunduran diri Dahlan tidak tepat. Selain itu, argumen mundurnya Dahlan tidak bisa dijadikan alasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Anda kan dipilih untuk memimpin daerah, salah satu tugas daerah adalah menyelenggarakan pemilu," ungkapnya.
 
Baca juga:Mendagri: Bupati Mandailing Natal Berprestasi
 
Sebelumnya, surat pengunduran diri Dahlan dari Bupati Madina sempat beredar di media sosial. Surat pengunduran Dahlan tercatat tertanggal 18 April 2019 dan bernomor 019.6/1214/TUMPIM/2019. Surat tersebut langsung ditujukan kepada Presiden RI Joko Widodo serta Menteri Dalam Negeri.
 
Dalam surat pengunduran diri, Dahlan mundur karena tak puas dengan hasil pemilu di Mandailing Natal. Padahal, kata Tjahjo, Dahlan didukung tiga partai politik untuk duduk sebagai bupati.
 
"Kan merupakan proses yang panjang, merupakan amanah dari masyarakat, kok hanya karena itu," ujar Tjahjo, Senin 22 April 2019.
 
Kemendagri telah berkoordinasi dengan Pemerintah Sumatera Utara terkait kasus ini. Kemendagri akan memanggil Dahlan untuk mencari tahu alasan pengunduran diri.
 
"Karena ini sebuah proses yang tidak lazim," pungkasnya.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif