Komisioner KPU Wahyu Setiawan. (Foto: Whisnu M)
Komisioner KPU Wahyu Setiawan. (Foto: Whisnu M)

KPU Nilai Performa Paslon Kurang Maksimal di Debat Perdana

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Whisnu Mardiansyah • 20 Januari 2019 13:47
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menilai debat capres-cawapres pada 17 Januari kemarin berjalan lebih hidup. Namun, KPU menyayangkan masing-masing pasangan calon belum menunjukan performa maksimal.
 
"Kita juga harus bijaksana, yang dikritik itu KPU atau performa paslon. Ini dua hal yang berbeda. Kalau misalnya paslon dipandang belum mampu menjelaskan isu utama, itu kan bukan salah KPU," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan dalam diskusi 'Evaluasi Debat Pilpres 2019' di kawasan Jakarta Selatan, Minggu 20 Januari 2019.
 
Kata Wahyu, semestinya pasangan calon bisa memaksimalkan momen debat sebagai ajang adu gagasan dan pemikiran. Namun, itu tak dimanfaatkan. Publik kadung menyalahkan format debat yang disusun KPU.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi kritik terhadap penyelenggaran tentu berbeda dengan kritik performa paslon. Jangan misalnya paslon performasnya kurang oke, KPU yang disalahkan, kan enggak adil," jelasnya.
 
Baca:TKN Lebih Suka Tak Ada Kisi-kisi Debat
 
KPU menerima evaluasi dan kritik penyelenggaraan debat perdana kemarin. Salah satunya bocoran kisi-kisi pernyataan yang membuat debat terasa kaku dan tidak dinamis.
 
"Jadi kita pastikan bahwa abstraksi kisi-kisi tidak akan kita berikan kepada paslon untuk debat kedua," tegasnya.
 
Besok Senin, KPU akan menggelar rapat bersama pemandu kepentingan lainnya membahas format debat kedua. Wahyu meyakinkan debat kedua nanti, paslon lebih memaparkan gagasan dan visi-misinya.
 
"Kami akan melakukan perubahan format yang melahirkan paslon mengeksplorasi gagasan visi misi program, sehingga mampu meyakinkan," pungkasnya.
 
Baca:Kisi-kisi Menyulitkan Publik Menilai Capres Cawapres
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif