Wakil Ketua BPN Priyo Budi Santoso. Medcom.id/ Whisnu M
Wakil Ketua BPN Priyo Budi Santoso. Medcom.id/ Whisnu M

BPN Usul Konsep Tarung Bebas di Debat Kedua

Pemilu pilpres 2019
Whisnu Mardiansyah • 22 Januari 2019 20:39
Jakarta: Badan Pemenangan Nasional (BPN) Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengusulkan konsep debat free fight atau tarung bebas. Artinya masing-masing capres bebas berargumen tanpa terbatas oleh durasi waktu.
 
"Sebagai tim resmi saya sampaikan usulan tarung bebas tapi dalam khasanah koridor yang disetujui kedua belah pihak. Tanpa kemudian dibatasi waktu teng waktu teng," kata Wakil Ketua BPN Priyo Budi Santoso di Posko Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Selasa, 22 Januari 2019.
 
Priyo mengaku ide ini merupakan masukan dan saran dari masyarakat berkaca dari debat perdana yang terkesan kaku dan tidak dinamis. Masing-masing pasangan calon terpaku pada catatan yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Debat yang natural dan terkesan kaku. Sebaik apapun moderator kalau mereka diposisikan sebagai mesin, pesonanya akhirnya terlalu terkungkung oleh sistem," jelas Priyo.
 
Usulan ini akan disampaikan dalam rapat lanjutan dengan KPU dan TKN Kamis besok. Priyo beralasan konsep debat tarung bebas membuat capres bebas bereksplorasi mengemukakan gagasan dan ide-ide yang keluar langsung dari pemikirannya.
 
Konsep debat seperti ini bisa mencontoh dari Pemilu Presiden Amerika Serikat yang lalu. Dua capres saat itu Hillary Clinton dan Donald Trump saling berdebat tanpa terbatas oleh sekat podium.
 
"Sisi magnet apa yang bisa kita ambil dengan cita rasa Indonesia," ucap Priyo.
 
Format debat tarung bebas dinilai bisa menjawab keraguan publik. Sebab pada debat perdana muncul banyak spekulasi pasangan calon membawa kertas sontekan dalam menjawab pertanyaan moderator yang telah dibocorkan sebelumnya.
 
"Ini yang harus kita cegah dan harus natural," tandas dia.
 

 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif