Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) memberikan penjelasan kepada wartawan setelah dimintai keterangan oleh Bawaslu di Jakarta Pusat, Jumat (28/12/2018). Foto: MI/Mohamad Irfan
Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) memberikan penjelasan kepada wartawan setelah dimintai keterangan oleh Bawaslu di Jakarta Pusat, Jumat (28/12/2018). Foto: MI/Mohamad Irfan

KPU: OSO Bukan Peserta Pileg

Pemilu pemilu serentak 2019
M Sholahadhin Azhar • 23 Januari 2019 14:58
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak menyertakan Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) dalam Daftar Calon Tetap (DCT) DPD RI. Ketua KPU Arief Budiman menyebut hal itu telah disepakati pihaknya semalam.
 
"Enggak dicoret, karena memang tidak dimasukkan. Kan sudah sesuai dengan surat kita," kata Arief di kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Januari 2019.
 
Baca juga: OSO Ngotot Ogah Mundur sebagai Ketum Hanura

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, KPU telah memberi tenggat agar OSO mundur dari partai, hingga pukul 24.00 semalam. Namun hal itu tak dilakukan.
 
Terpisah, Komisioner KPU Evi Novida Ginting menambahkan, keputusan pihaknya linier dengan ketetapan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Mengingat ada catatan bahwa harus ada surat pengunduran diri sebagai Ketua Umum Partai Hanura.
 
"Itulah tindak lanjut dari putusan Bawaslu. Karena kami kan tentu tidak bisa berseberangan atau bertentangan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK)," sebut Evi.
 
Baca juga: Langkah OSO Jika Dirinya Dicoret KPU
 
Komisioner KPU Ilham Saputra menyebut pihaknya siap menerima dampak dari keputusan ini. Dia tak ambil pusing jika OSO memeperkarakan KPU ke manapun. KPU dipastikan tak gentar.
 
"Simpel saja. Mau dilaporkan kemana saja kita tetap pada apa yang sudah kita putuskan. Konstitusi di atas segala-galanya," kata Ilham.
 
Lebih lanjut, ia menyatakan KPU tidak punya hambatan apapun dalam melaksanakan tahapan pemilu. Selanjutnya, penyelenggara akan fokus mengurus pencetakan surat suara.
 

 

(MBM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi